PPDB Online SMP Dimulai 2 Juli

Kediri, koranmemo.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kediri akan membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) mulai 2 Juli mendatang. Siswa bisa melakukan pendaftarkan melalui website yang sudah disediakan dan melakukan verifikasi di sekolah terdekat dari rumah siswa.

Kasi Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Kediri, Chevy Ning Suyudi mengatakan, PPDB online SMP akan dibuka mulai tanggal 2 Juli sampai 5 Juli 2018. Pendaftaran tersebut dibuka di seluruh SMP Negeri yang ada di Kota Kediri, dengan calon peserta didik baru bisa mengakses website Dinas Pendidikan yakni ppdb.kedirikota.go.id.

“Kita buka awal Juli, calon peserta didik baru kita beri kesempatan hanya satu kali mendaftar. Mereka bisa memilih semua sekolah yang ada di Kota Kediri sesuai urutan prioritas siswa pilih sekolah yang mana,” jelasnya.

Persyaratan lainnya tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan PPDB online SMP pada tahun sebelumnya. Tahun ini juga siswa yang memiliki piagam prestasi akan mendapatkan tambahan nilai sehingga bisa menjadi prioritas bagi sekolah yang dituju oleh calon peserta didik baru. Namun, ada siswa yang bisa langsung diterima di SMP Negeri jika pernah menjadi kontingen Kota dan menjuarai peringkat 1, 2, dan 3 pada ajang kejuaraan tingkat provinsi, nasional, maupun international.

“Kalau punya prestasi baik akademik, non akademik maupun seni ada tambahan poin. Juara tingkat internasional ditambah 25 poin untuk juara 1 sampai 3, juara nasional 1 sampai 3 dapat tambahan nilai 20, juara provinsi juara 1 dapat 10 poin, juara 2 dapat 7,5 poin, dn juara tiga dapat 5 poin. Untuk juara tingkat kota juara pertama dapat tambahan 3 poin, juara dua 2,5 poin, dan juara tiga dapat tambahan poin 2,” ujarnya.

Ditambahkan, siswa yang sudah mengisi formulir secara online maka bisa langsung dicetak untuk dijadikan bukti. Berkas – berkas persyaratan lainnya itu bisa dikirim oleh siswa ke sekolah pilihan terdekat dari tempat pendaftaran.

“Berkas – berkas pendaftaran dan persyaratan lainnya langsung diserahkan ke salah satu tempat PPDB sekolah pilihan teredekat sesuai jenjang untuk dilakukan verifikasi,” tandas Chevy Ning Suyudi.

Reporter: Zayyin Multazam

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date