Ponorogo Boyong PPID Award 2017, Sukses Budayakan Keterbukaan Informasi Publik

Ponorogo, koranmem.com – Di penghujung tahun 2017, Kabupaten Ponorogo mendapat kado manis dari ajang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)Award provinsi Jawa Timur tahun 2017, yang diselenggarakan Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur.

Pasalnya, Kota Reog berhasil memboyong piagam penghargaan dari Komisi informasi Provinsi Jawa Timur sebagai PPID Kabupaten/Kota se- Jawa Timur dengan Katagori “B” ( Terbuka ) dalam Implementasi UU No. 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2017.

Atas prestasi ini, Ponorogo berhasil bersanding dengan Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Pamekasan, dan Kabupaten Jombang yang sukses meraih PPID Kabupaten/Kota  Katagori B. Piagam penghargaan PPID award provinsi Jatim tahun 2017 itu sendiri, diberikan langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (kominfo) Jatim Eddy Santoso, dan diterima oleh Sekertaris Dinas Kominfo Kabupaten Ponorogo Wahyu Paripurnawan di  studio II JTV, Surabaya. Senin (18/12) kemarin.

Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa timur, Ketty Tri Setyorini mengatakan, Monev PPID bertujuan agar badan publik (instansi pemerintah.red) berbenah, dan memperbaiki PPID serta kualitas layanan informasi publik.” Sehingga masyarakat dapat mudah mengakses informasi daerah. Dalam kategori baru tahun kita fokuskan pada Keterbukaan Informasi desa, dimana ini merupakan tindak lanjut dari Pedoman Layanan Informasi Publik desa P-SLIP desa yang disusun oleh Komisi Informasi pada tahun 2015 lalu,” ujarnya.

Sementara itu,  Anggoita Komisioner Komisi Informasi Pusat Arif Adi Kuswardono mengungkapkan, penilaian yang dilakukan terhadap Badan Publik Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Jawa Timur sebanyak 45 OPD, untuk kabupaten/kota se Jawa Timur 38 Kabupaten Kota serta Badan Publik Pemerintah Desa se-Jawa Timur yang diusulkan oleh Kabupaten, yang pada puncaknya beberapa OPD dan Badan Publik meraih PPID Award Tahun 2017.” Jadi kami menilai berdarasarkan tingkat konsisten sejauh mana daerah tersebut mengmpilementasikan undang undang keterbukaan informasi publik. Ponorogo merupakan salah satu daerah yang menurut kami konsisten dalam menjalankan itu,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni melalui Sekertaris Dinas Kominfo Kabupaten Ponorogo Wahyu Paripurnawan mengaku senang dengan diraihnya pridikat B (terbuka ) dalam implementasi undang undang informasi publik. Hal ini menjadi bukti Pemkab Ponorogo serius dalam membudayakan pemerintah yang terbuka kepada masyarakat.” Alhamdulilalah, tentu ini menjadi bukti misi pak bupati dalam menciptakan good goverment yang mengedepankan unsur transparan dalam segala aspek pemerintahan telah terwujud dan diakui,”pungkasnya, Selasa(19/12).

Reporter: Zainul Rohman

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.