Polres Lamongan Serahkan Satwa Dilindungi ke BKSD Juanda Jatim

Lamongan, koranmemo.com – Polres Lamongan menyerahkan burung merak hijau yang disita dari tersangka Dariyono(29), seorang nelayan Kelurahan Blimbing, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan ke pihak Balai Konversi Sumber Daya Alam (BKSD) Juanda Jawa Timur, Kamis(12/7) . Satwa langka tersebut akan dititipkan ke obyek wisata Maharani Zoo di Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan.

“Kami serahkan kepada Pihak BKSD untuk keberlangsungan hidup burung merak hijau tersebut . Karena kami sendiri tidak punya keahlian untuk memelihara, ujar Kasubbag Humas Polres Lamongan AKP Harmudji.

Perwakilan dari pihak  BKSD  Juanda Jawa Timur, Kiswanto mengatakan, selama proses hukum pada tersangka, maka pihaknya tidak akan melepas liarkan hewan itu dulu. “Untuk sementara akan  kami titipkan ke Obyek Wisata Maharani Zoo. Baru setelah ada putusaan tetap dari pengadilan maka kami akan lepasliarkan ke alam,” ujarnya seusai penyerahan satwa yang dilindungi

Diketahui, tersangka Dariyono diamankan oleh unit 2 Pidter Satreskrim, sebelumnya  melakukan penawaran melalui via medsos dan  mengadakan pertemuan dengan pelaku dan diajak ke tempat penyimpanan burung merak hijau tersebut di rumah orang tuanya di Lingkungan Sidokumpul.

Pelaku mendapatkan burung merak hijau yang dilindungi tersebut dari orang tidak dikenalnya melalui media sosial dan pelaku mengaku juga pernah menjual dua ekor burung kakak tua jambul yang juga dilindungi. Pelaku menawarkan satwa yang dilindungi yaitu burung merak hijau melalui media sosial miliknya. Apabila ada yang menawar dan cocok harganya kemudian di ajak ketemu dan melakukan transaksi jual beli.

Reporter : Suprapto

Editor: Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date