Polres Jombang Gelar Cyber Patrol Jelang Pilpres 2019

Jombang, koranmemo.com – Sebanyak 12 ribu pasukan gabungan terdiri dari unsur kepolisian, TNI, Linmas, Banser, serta Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) yang ada di Kabupaten Jombang disiapkan untuk melakukan pengamanan pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 di Kabupaten Jombang.

Hal ini diketahui saat pelaksanaan apel gelar pasukan pengamanan Pemilu 2019 di Alun-alun Jombang, Jumat (22/3) pagi yang dipimpin oleh Kapolres Jombang, AKBP Fadli Widiyanto.

Belasan ribu personel keamanan gabungan tersebut nantinya disiapkan untuk mengamankan 4.295 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di Kabupaten Jombang.

Kapolres Jombang AKBP Fadli Widiyanto menjelaskan, meski secara umum wilayah Jombang dalam kondisi aman, namun tetap ada daerah yang perlu menjadi perhatian, khususnya daerah yang berada di pinggiran, jauh dari pusat kota.

“Seperti di Kecamatan Plandaan, Ngusikan, dan Wonosalam. Namun sekali lagi secara keseluruhan aman. Semua (keamanan, red) terlatih, karena baru saja menyelesaikan pengamanan Pilkada Jombang,” kata Kapolres diwawancara usai apel gelar pasukan.

Fadli menambahkan, di Kabupaten Jombang sendiri tidak ada ancaman dari kelompok-kelompok tertentu yang akan mengganggu jalannya Pemilu.

Untuk ancaman adanya hoaks (berita bohong) pada pelaksanaan Pemilu di Jombang, pihaknya nantinya akan mengantisipasi dengan melakukan Cyber Patrol.

“Sebelum masa tenang, tentunya akan kita lakukan Cyber Patrol, kemudian kita juga melihat apakah berita tersebut benar atau hoaks, dan kita akan koordinasi terus dengan Bawaslu dalam hal ini Sentra Gakkumdu, apakah termasuk tindak pidana Pemilu atau tindak pidana ITE,” pungkasnya.

Reporter Agung Pamungkas

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date