Polisi Fasilitasi Pertemuan Kedua Kelompok Pemuda

Malang, koranmemo.com – Aksi tawuran antara sejumlah pemuda Papua yang sedang menempuh pendidikan di Malang dengan warga sekitar Jalan MT Haryono Gang 8, Kelurahan Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang dengan sekelompok pemuda asli daerah tersebut mendapat perhatian dari pihak kepolisian setempat. Polres Malang Kota akan memfasilitasi kedua pihak untuk melakukan pertemuan dan mediasi.

Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri mengatakan, pihak kepolisian sudah mengamankan sejumlah orang dari kedua belah pihak untuk menahan diri. “Kejadian semalam sudah aman. Nanti kami akan fasilitasi pertemuan keduanya,” ujarnya.

Dia menambahkan, bentrokan antar kedua kelompok pemuda yang terjadi sekitar pukul 20.52 WIB ini berawal ketika sejumlah pemuda Papua mengadakan diskusi dan pemutaran film peringatan kemerdekaan Papua Barat. Warga kemudian membubarkan acara pemutaran film itu lantaran dianggap melanggar.

“Semalam itu mereka memang akan melakukan diskusi dan menonton video peringatan kemerdekaan Papua Barat,” ungkapnya.

Dari bentrokan tersebut sejumlah fasilitas umum dan rumah warga terkena dampaknya seperti kaca pecah akibat saling lempar batu antara kedua belah pihak pemuda tersebut. Selain itu juga mengakibatkan kemacetan panjang mulai dari depan Universitas Brawijaya (UB) hingga kawasan Tlogomas. Situasi kembali kondusif setelah kedua belah pihak dibubarkan oleh pihak kepolisian sekitar pukul 21.20 WIB.

Kemudian, Polisi pun mengamankan sejumlah sejumlah pemuda Papua ke Polsek Lowokwaru untuk meredam amarah warga sekitar. Hingga pagi tadi sejumlah aparat kepolisian dari Polres Malang Kota dan Brimob masih berjaga mengamankan sekitar lokasi perkampungan warga.

Reporter: Yudha Kriswanto

Editor: Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date