Pohon Tumbang, Arus Lalu Lintas Dialihkan

Kediri, koranmemo.com – Pohon yang berada di Jalan Raya Wates – Kediri, tepatnya berada di depan Pabrik Gula (PG) Pesantren Baru Kota Kediri, tumbang, Rabu (13/3). Akibatnya,  jalan tidak dapat dilewati kendaraan sehingga petugas Polsek Pesantren mengalihkan arus lalu lintas. Beruntung dalam kejadian ini, tidak menimbulkan korban jiwa.

Koordinator Tim Respon Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri, Bambang Rihardi mengatakan, pohon tumbang terjadi sekitar pukul 15.00 WIB dan dua titik lain, yaitu di depan kantor Polsek Pesantren serta di Jalan Kelapa Desa Ketami. “Yang paling parah di depan PG Pesantren, kalau yang di dua titik hanya ranting pohon patah dan tidak menggangu akses jalan,” ujarnya, saat ditemui Koranmemo.com.Selama proses evakuasi, petugas Polsek Pesantren mengalihkan arus lalu lintas sehingga tidak menimbulkan kemacetan yang cukup parah. Dari arah timur, kendaraan diarahkan menuju Desa Ketami, dan dari arah barat diarahkan menuju Jalan Raya Tugurejo. Namun, dari pantauan Koranmemo.com, kendaraan besar harus menunggu karena jalan alternatif memang tidak cukup lebar untuk dilalui.

Proses pemotongan pohon setidaknya memerlukan waktu kurang lebih 30 menit. Petugas dari Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri, BPBD, Petugas Polsek Pesantren, dan Satpol PP, membawa gergaji mesin untuk mempercepat proses pemotongan. “Kalau hujan disertai angin kencang sesaat seperti ini, riskan terjadi pohon tumbang,” sahutnya.

Menurutnya, selain ukuran pohon yang cukup besar, usia pohon juga sudah tua. Cabang ranting serta daun yang rimbun, menyebabkan akar pohon tidak mampu untuk menopang. Hampir di sepanjang Jalan Raya Wates – Kediri, berjajar pohon dengan ukuran besar yang riskan tumbang. Untuk mengantisipasi pohon tersebut tumbang, seharusnya ranting pohon dilakukan pemotongan secara bertahap.

Arah angin, lanjutnya, dari arah barat menuju ke timur dengan kecepatan yang cukup tinggi. Dengan demikian, pohon dengan ukuran besar dan berusia tua, akan mudah tumbang. Perlu kewaspadaan bagi pengguna jalan serta warga yang tinggal di sekitar pohon besar. Apabila hujan deras yang disertai angin kencang, lebih baih mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Kapolsek Pesantren, Kompol Paidi Sadiarto menambahkan, petugas yang berada di lokasi kejadian tetap berjaga untuk mengatur lalu lintas. Ini lantaran, masih ada proses perbaikan kabel listrik oleh petugas PLN. “Untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan, petugas masih berjaga di sana. Dikhawatirkan, pengendara kurang memperhatikan jalan, dan melaju dengan kecepatan tinggi,” jelasnya.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu

Editor :  Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date