PL Jalani Tes HIV/AIDS

Foto : Diantara deretan pemandu lagu tempat karaoke diwilayah Ngawi saat akan menjalani pemeriksaan petugas gabungan, Jum’at (18/3).

Ngawi, Koran Memo – Sebanyak 39 pemandu lagu (PL) yang ada di tempat hiburan malam menjalani pemeriksaan atau tes darah untuk mencegah peredaran HIV/AIDS di Kabupaten Ngawi, Jumat (18/3).

Diantara deretan pemandu lagu tempat karaoke diwilayah Ngawi saat akan menjalani pemeriksaan petugas gabungan, Jum’at (18/3)
Diantara deretan pemandu lagu tempat karaoke diwilayah Ngawi saat akan menjalani pemeriksaan petugas gabungan, Jum’at (18/3)

Pemeriksaan darah secara sukarela itu dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ngawi dibantu petugas gabungan dari Satpol PP dan Polsek Kota Ngawi.

Para PL yang diambil sampel darahnya berasal dari tempat karaoke Diva sebanyak 22 orang, Hokky 10 orang, dan karaoke Oke sebanyak 7 orang. “Tes ini untuk mencegah dan menanggulangi HIV/AIDS, karena mereka memiliki resiko tinggi,” kata Kasi Penanggulangan Penyakit Menular Dinkes Jaswadi, Jumat (18/3).

Menurut Jaswadi, nantinya dalam hasil pemeriksaan darah para pemandu lagu itu ada yang terinfeksi ada terindikasi maka akan dirahasiakan dan orangnya akan diberikan konseling lanjutan untuk bisa menjalani perawatan.

“Jika ada PL yang positif tertular HIV akan dilakukan penanganan secara khusus, tetap boleh bekerja tapi dipantau oleh komisi penanggulangan AIDS,” jelasnya.

Sesuai data awal, jumlah pemandu lagu di wilayah Ngawi sekitar 60 orang. Sehingga masih ada 21 orang yang belum dilakukan tes darah.  Mereka dihimbau memeriksakan dirinya sehingga bisa mengetahui apakah terserang virus HIV atau tidak agar memudahkan dalam penanganan lebih lanjut.

“Kegiatan ini akan dilakukan secara rutin dan akan dilakukan pendataan ulang pemandu lagu, khususnya di tempat hiburan malam ilegal,” tandasnya. (dik/jur).

 

Follow Untuk Berita Up to Date