Pjs Wali Kota Wacanakan Brantas Festival Sebagai Agenda Nasional

Kediri, koranmemo.com – Sungai Brantas yang melintasi Kediri dianggap memiliki nilai sejarah dan bisa sebagai ikon besar untuk warga setempat. Melihat itu, Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Kediri

Jumadi mewacanakan untuk membuat Brantas Kediri Festival yang bisa menggabungkan Budaya, Religi, dan Ekonomi.

Pjs Walikota Kediri, Jumadi menjelaskan, harapannya setelah berada di Kota Kediri diantaranya membuat kegiatan yang bisa menarik minat masyarakat secara nasional. Salah satu yang digagas adalah Brantas Festival yang akan dijadikan salah satu ikon di Kota Kediri.

“Saya melihat kota ini akan menjadi kota yang besar, saya sudah berdiskusi dengan teman-teman di Badan Perencanaan, dan karena saya diperbolehkan berkomunikasi dengan Pak wali kota yang cuti, maka saya lontarkan gagasan Brantas Festival untuk kedepan menjadi satu ikon menggerakkan ekonomi kreatif,” ujarnya.

Jumadi mengatakan, Brantas merupakan salah satu ikon Kediri yang harus dikelola dengan baik. Maka, dengan Brantas Festival tersebut dia menginginkan bisa menjadi agenda besar dengan skala nasional yang diselenggarakan oleh warga Kediri.

“Mungkin waktu yang pas nanti pada hari jadi Kota Kediri, kita ambil Sungai Brantas sebagai ikon Kediri kita ambil lalu kita patenkan untuk menjadi agenda nasional kedepannya. Maka ini bisa meningkatkan ekonomi kreatif, apalagi kedepan akan ada bandara di Kediri,” kata Jumadi.

Selain menciptakan ekonomi kreatif, Brantas Festival itu bisa menyatukan beberapa dimensi yang ada di Kediri saat ini. Yakni, dimensi budaya, dimensi religi dan dimensi ekonomi, akan bersatu menciptakan Kota Kediri yang maju.

“Harapannya, Kediri ini nanti masyarakat bekerja di luar Kediri tapi tidur dan makannya tetap disini. Kita sudah siapkan masterplan untuk menjadikan kota ini sebagai pusat kota jasa nantinya,” tandas Jumadi yang saat ini masih menjabat sebagai Kepala Badan Pengelola Aset Daerah (BPAD) Pemerintah Provinsi Jawa Timur.(adv/humas)

Reporter: Zayyin Multazam

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date