Pjs : Pengelolaan Dana Desa Harus Transparan, Akuntabel, Partisipatif, Efektif dan Efisien

Kediri, koranmemo.com – Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Kediri, Jumadi  menghadiri Sosialisasi Peran, Tugas, dan Fungsi Badan Pengawas Keuangan (BPK) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Dalam Pengawasan Pengelolaan Dana Desa di Ruang Tegowangi Grand Surya Kota Kediri, Senin (14/5) pukul 09.00 WIB.

Sosialisasi ini merupakan salah satu upaya percepatan pembangunan pada desa tertinggal  di seluruh Indonesia. Di mana telah diatur dalam Undang-undang no 6 tentang desa, yang memberikan wewenang bagi desa untuk mengelola keuangan.

Jumadi mengatakan, karena sudah  mendapatkan wewenang itulah, maka pengawas dan pengelolaan dana desa harus transparan, akuntabel, partisipatif, efektif, dan efisien.  Maksudnya, semua anggaran yang  dikeluarkan harus dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat di desa tersebut.  Tidak boleh ada sejumlah warga yang merasa jika program-program yang dilakukan oleh pemerintah desa hanya menguntungkan kelompok tertentu saja. “Maka dari itu pengelolaannya harus efektif dan efisien agar tidak terkesan menghambur-hamburkan uang,” ujar Jumadi.

Pjs Walikota yang juga menjabat sebagai Kepala Badan  Pengelola Keuangan dan Aset Provinsi Jawa Timur ini mengatakan, berbeda dengan Kabupaten Kediri yang sudah memperoleh dana desa, Kota Kediri memang tidak mendapatkannya.  Kendati demikian, Kota Kediri memiliki program pemberdayaan masyarakat (prodamas).  Karen itu, pengawasan dan pengelolaan keuangan saat ini masih tetap berjalan.

“Nanti tanggal 25 kami akan menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) opini atas audit pengelolaan keuangan tahun 2017, apakah mempertahan predikat wajar tanpa pengecualian,” ujarnya.

Sosialisasi ini dihadiri oleh Anggota V BPK, Ir. Isma Yatun M.T, Anggota Komisi XI DPR RI Drs. Eva Kusuma Sundari M.A., MDE, Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno, serta  Auditor Utama Keuangan Negara V BPK RI Dr. Bambang Pamungkas. (adv/pemkotkediri/dia)

Reporter : Dhita Septiadarma

Editor : Della Cahaya P

Follow Untuk Berita Up to Date