Pj Bupati Antisipasi Paham Terorisme dan Radikalisme

Nganjuk, koranmemo.com – Pj Bupati Nganjuk Drs. Sudjono, MM., memimpin Rapat Koordinasi tentang antisipasi terorisme dan paham radikalisme di Ruang Rapat Peringgitan Pemerintah Kabupaten Nganjuk, Senin (14/5) sekitar pukul 09.30 WIB. Adapun pokok pembahasan dalam kesempatan itu, adalah melakukan antisipasi guna mencegah penyebaran paham tersebut di Bumi Anjuk Ladang.

Informasi yang dihimpun koranmemo.com, beberapa hasil pembahasan antara lain, adanya pembinaan khusus terhadap para ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Nganjuk, yang telah mengikuti paham dan organisasi HTI. Kemudian juga diadakan pembinaan ke Pondok Pesantren setiap daerah di Kabupaten Nganjuk, terhadap antisipasi paham radikalisme.

Hasil rapat koordinasi juga menyepakati adanya pembinaan terhadap peserta didik di sekolah pada saat mengikuti Pondok Ramadan, dengan arah yang jelas dan menjalin kerjasama dengan penceramah maupun ustadz. Dan yang tak kalah penting melakukan pengamanan terhadap aset pemerintah, mulai Pendopo Pemkab Nganjuk, Kantor DPRD kabupaten Nganjuk, masjid, gereja, serta seluruh Instansi di pemkab Nganjuk.

Memerintahkan Camat untuk mengkoordinir jajaranya hingga kepala desa, agar mengambil sikap mengantisipasi terorisme dan paham radikalisme di wilayah masing-masing. Pengamanan secara preventif, melalui kecamatan, kelurahan, majelis keagamaan, hingga sekolah untuk mengurangi ruang gerak terhadap terorisme dan paham radikalisme.

“Kementrian Agama Kabupaten Nganjuk juga menganjurkan untuk mengadakan kegiatan Istighosah rutin di tingkat kelurahan, bersama jajaran kepolisian, untuk mempererat komunikasi serta penyampaian perkembangan di wilayah masing-masing,” ungkap Kabag Humas Pemkab Nganjuk, Agoes Irianto.

Rapat Koordinasi dipimpin oleh Pj Bupati Nganjuk, serta diikuti unsur anggota Forkopimda, di antaranya Kapolres Nganjuk, Dandim 0810/Nganjuk, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Nganjuk, Panitera Pengadilan Negeri Nganjuk, Kesbangpolinmas Kabupaten Nganjuk, Kasat Pol PP Kabupaten Nganjuk, Kapolsek Nganjuk, Perwakilan dari Polsek Warujayeng, Polsek Kertosono, Kemenag Kabupaten Nganjuk sekaligus mewakili MUI, PD Muhammadiyah , PC NU, LDII serta forum Komunikasi Antar Umat Beragama (FKAUB). (adv/hms pemkab)

Reporter: Andik Sukaca

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date