Pisang Ular Jadi Tontonan

Kediri, Koran Memo – Suasana di pinggir jalan di kawasan RT 2/RW 11 Kelurahan Burengan Kecamatan Pesantren Kota Kediri mendadak ramai. Pasalnya, tepat di seberang jalan tersebut tumbuh pohon pisang berbentu aneh yang menyerupai badan ular. Kemunculan pohon pisang aneh tersebut terjadi pada Senin (14/9) sekitar pukul 07.30 WIB dan diketahui pertama kali oleh pemilik lahan, Mariani. Warga yang mengetahui adanya keanehan pada pohon tersebut menyempatkan diri untuk melihat dan mengambil gambarnya.

Pisang ajaib di Kelurahan Burengan yang berbentuk seperti ular (kurniawan/memo)
Pisang ajaib di Kelurahan Burengan yang berbentuk seperti ular (kurniawan/memo)

Mariani mengaku, sebelumnya pohon pisang tersebut sudah sejak lama mati. Akan tetapi, sekitar satu bulan yang lalu, suaminya, Suharyono mencoba membersihkan ladang termasuk mencoba merapikan pohon pisang tersebut dengan membelah bagian atasnya. Senin (14/9) sekitar pukul 07.30 WIB, Suharyono kaget begitu mengetahui bahwa dari pohon pisang yang sudah mati tersebut muncul buah dan jantung pisang. Anehnya, batang pohon tersebut berkelok-kelok menyerupai badan ular. “Sudah sebulan yang lalu mati. Tapi kemarin (lusa,red) suami saya membersihkan ladang dan membelah ujung pohon. Ternyata paginya muncul buah ini,” ujar Mariani.

Kabar munculnya pohon pisang aneh jenis morosebo tersebut akhirnya menyebar. Warga di sekitar lokasi yang penasaran mendatangi tumbuhnya pohon tersebut. Tidak hanya itu, para pengendara yang kebetulan melintas dan penasaran tiba-tiba menghentikan laju kendaraannya dan turun untuk melihatnya.

Lantaran banyaknya antusias warga yang ingin mendekat dan memfoto keanehan pohon pisang tersebut, Mariani dan suaminya kemudian memasang pagar pembatas berupa tali dan beberapa spanduk. Selain itu, di dekat pohon juga terdapat papan bertuliskan “Pohon Ajaib Berlingkar Ular”. Meski tidak bisa terlalu mendekat, warga yang datang tetap mencoba untuk memotret keanehan pohon tersebut. Bahkan warga juga menyumbangkan sebagian uangnya yang dimasukkan ke dalam sebuah kardus yang telah dipersiapkan oleh warga sekitar di lokasi tumbuhnya pohon tersebut.

Winarsih, warga Kecamatan Semen Kabupaten Kediri mengaku setelah mengetahui adanya kabar tentang pohon pisang aneh langsung menuju ke lokasi. Ia kemudian langsung mengeluarkan kamera di HP miliknya dan mengambil gambar untuk dipakai sebagai koleksi dan untuk ditunjukkan kepada keluarganya. “Tadi dikasih tahu teman. Makanya langsung ke sini dan memfoto. Untuk koleksi saja dan kalau ada teman yang ingin tahu,” ujarnya.(kur)