Pimpin Upacara Haornas dan PMI, Bupati Kediri Serahkan Penghargaan kepada Pendonor Darah Terbanyak

Kediri, koranmemo.comPeringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke 36 dan Palang Merah Indonesia (PMI) ke 74, Senin (9/9) pagi digelar di Pemkab Kediri. Tema Haornas tahun 2019 ini adalah ‘Ayo Olahraga dimana saja dan kapan saja’. Dengan olahraga menjadikan semangat warga untuk membangun sehingga tercapai prestasi SDM Unggul Indonesia Maju.

Bupati Kediri dr Hj Haryanti Sutrisno bertindak selaku pimpinaan upacara dan Sujud Winarko Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kediri sebagai Komandan upacara. Kehadiran Bupati Kediri didampingi Wakil Bupati Kediri Drs. H. Masykuri, Dede Sujana Sekda Kabupaten Kediri, Kepala OPD, Kabag dan Camat.

Bupati Haryanti dalam sambutanya,  mengajak masyarakat untuk menjadikan olahraga sebagai kebiasaan sehari-hari agar tubuh menjadi sehat.

Dengan olahraga pula Indonesia menduduki peringkat 4 di Asean Games dan peringkat V di Asean Paragames 2018. Prestasi ini harus dipertahankan atlet  Kabupaten Kediri di tingkat Propinsi, Nasional dan Internasional.

“Mari sama-sama meningkatkan prestasi di bidang olahraga. Olahraga sangat mudah dan bisa dilakukan dimanapun. Tanpa harus dengan peralatan mahal, pembangunan di bidang olahraga tidak saja sehat jasmani namun sehat rohani. Ini mendukung dalam membangun SDM unggul Indonesia Maju,” jelasnya.

Ditambahkan Bupati, prestasi dan pelatihan atlet bisa dimulai sejak dini dan saat ini bersama-sama menggiatkan olahraga sebagai bagian gaya hidup dan rutinitas hidup. Bupati mengajak semua yang hadir untuk mendoakan atlet Indonesia yang berlaga di Olympiade 2020.

“Sedangkan untuk PMI sudah terbukti memberikan peran terpenting dalam tugas kemanusiaan di Indonesia di masa perjuangann hingga sekarang. Sementara bagi pendonor ke 100, 75,50 dan 25 mendapatkan penghargaan dari presiden. Karena setetes darah perlu bagi yang membutuhkan,” jelasnya.

Bupati berpesan kepada PMI untuk tetap menebar manfaat menjadi pelopor dalam kebersamaan untuk kemanusiaan. PMI harus menjadi inspirasi bagi masyarakat di setiap waktu dimanapun berada. Karena PMI memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.Pendonor juga memiliki peran terpenting dalam kehidupan manusia.

Sementara Joko Irianto pensiunan PNS di Kesra tahun 2019 mengaku bangga dengan pemberian penghargaan dari Presiden karena donor darah ke 100 lebih,bahkan donor darah ke 75 mendapatkan penghargaan dari Gubernur Jatim saat itu Sukarwo. Ayah lima anak dan bercucu 8 merasa semakin sehat di usia ke 56.

Hal yang sama disampaikan Rendi Agata yang menerima penghargaan dari pemerintah karena berdonor darah ke 50 kalinya. “Kami bersyukur mendapatkan penghargaan dari pemerintah karena donor darah. Aktivitas kepedulian sosial ini sebagai bentuk penggilan jiwa ke sesama,” ujarnya.(adv)

Reporter Bakti Wijayanto

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date