Pilwali Kota Malang, Paslon Nomor Tiga Klaim Unggul 44,99 Persen Suara

Malang, koranmemo.com – Perhitungan cepat (quick count) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Malang juga dilakukan oleh timses pemenangan pasangan calon (paslon) nomor urut tiga yakni Sutiaji dan Edi Jarwoko. Hingga pagi ini, Sutiaji-Edi Sofyan Jarwoko (SAE) mengklaim unggul dibanding dua pasangan lainnya berdasarkan penghitungan sementara timsesnya dengan perolehan suara 44,99 persen.

Noor Wahyudi, Koordinator Tim Data Paslon nomor tiga mengatakan, timnya melakukan penghitungan sementara menggunakan tiga jenis metode. Dari tiga metode tersebut, hasil perolehan suara paslon Sutiaji-Edi Sofyan Jarwoko sebanyak 44,99 persen. Sedangkan pasangan Mochammad Anton-Syamsul Mahmud memiliki perolehan suara sebesar 32,44 persen. Sementara itu, pasangan Yaqud Ananda Gudban-Ahmad Wanedi mendapatkan suara sebesar 16,91 persen.

Dia menambahkan, tiga metode penghitungan yang dia lakukan meliputi penghitungan cepat (real count), penghitungan data manual, dan penghitungan data melalui pesan singkat dari para saksi. “Pertama menggunakan penghitungan semacam real count. Kami menggunakan metodologi yang sama dan menggunakan tenaga ahli,” ujarnya.

Kedua, lanjutnya, metode penghitungan data secara manual yakni dengan mengumpulkan form C1 sebanyak 80 persen dari daftar pemilih di Kota Malang.

“Itu saja sudah cukup karena sudah memenuhi persyaratan. Karena pasangan lainnya berada di bawah kita dan tidak bisa mengejar. Dan ketiga, kami melakukan pengambilan data via sms (pesan singkat) dari para saksi di lapangan,” pungkasnya.

Reporter: Yudha Kriswanto

Editor: Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date