Piala Dunia 2018: Beda Jerman dan Brasil

Rusia, koranmemo.com-Sebagai juara bertahan Piala Dunia 2014, Jerman tentu tidak bisa diabaikan begitu saja. Meski dari 6 kali uji coba, tim besutan Joachim Low tidak membuahkan hasil yang bagus karena hanya menang sekali saat melawan Arab Saudi, namun bukan berarti Der Panzer harus dipandang dengan sebelah mata.

Meski harus diakui predikat juara bertahan tidak selamanya menguntungkan tim karena bisa jadi predikat itu membuat tim menjadi beban mental.Namun demikian Low bersama punggawanya bertekad mempertahankan gelar juara. Untuk mewujudkan harapannya itu maka Low melakukan regenerasi.

Dia hanya membawa kembali sembilan pemain ke Rusia. Mereka adalah: Mereka adalah Manuel Neuer, Mats Hummels, Matthias Ginter, Jerome Boateng, Sami Khedira, Toni Kroos, Julian Draxler, Mesut Ozil, dan Thomas Muller. Hanya ini muka-muka lama di Timnas Jerman.

Meski banyak muka baru, seluruh penggawa Der Panzer sudah mengantongi pengalaman tampil di turnamen musim panas. Low mematangkan mereka ketika mengikuti Piala Konfederasi tahun lalu.Namun keyakinan Low ternyata berbanding terbalik dengan hasil uji coba yang mereka lakoni sebelum terbang ke Rusia.

Dari 6 kali uji coba, Der Panzer hanya menang sekali melawan timnas Arab Saudi, pada pertandingan yang digelar di Stadion BayArena, Leverkusen, pada Jumat (8/6/2018) dengan skor 2-1.

Gol kemenangan timnas Jerman di laga tersebut dicetak oleh Timo Werner (menit ke-8) dan bunuh diri Omar Hawsawi (43′).

Sementara satu gol balasan timnas Arab Saudi berhasil dicetak oleh Taisir Al Jassim pada menit ke-84 memanfaatkan bola muntah hasil tendangan penalti Mohammad Al Sahlawi yangberhasil digagalkan kiper Marc-Andre ter Stegen.

Sementara lima pertandingan uji coba lainnya, timnas Jerman hanya bermain imbang menghadapi Inggris, Prancis, dan Spanyol, serta kalah dari Brasil dan Austria. Lalu mampukah taktik Low ini mengantarkan Jerman yang kini berada di grup F bersama Meksiko, Swedia, Korea Selatan, mempertahankan Piala Dunia yang diraih pada tahun 2014?

Lain Jerman Lain Pula Brasil

Tampil di Piala Dunia 2018, timnas Brasil tampaknya jauh lebih siap ketimbang sang juara bertahan. Berada di grup E bersama Swiss, Kosta Rika dan Serbia tampaknya juara piala Dunia 2002 ini merupakan tim yang sungguh sudah sangat siap menjalani laga 4 tahunan yang akan dimulai 14  Juni mendatang.

Sebelum terbang ke Rusia, Brasil punya rekor belum pernah kalah dalam sebelas pertandingan terakhir di semua kompetisi. Neymar dan kawan-kawan memetik sembilan kemenangan dan tiga kali imbang. Pada lima laga terakhir, Brasil juga sukses meraih cleansheet.

Pada babak penyisihan Grup, anak asuh Leonardo Bacchi alias Tite tampaknya tidak akan kesulitan menghadapi Swiss, Kosta Rika dan Serbia. Di atas kertas, para konstestan tersebut punya kualitas yang berada di bawah Brasil. Kemungkinan akan terjadi kejutan cukup terbuka meski skalanya kecil. Sebab, secara individu maupun pengalaman Brasil unggul jauh dari tiga kontestan lain.

Dari Berbagai Sumber

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date