Piala AFF: Kalah dari Thailand, Indonesia Tetap ke Semifinal

Sidoarjo, koranmemo.com – Tim Nasional Sepak U-19  Indonesia harus mengakui keunggulan tim nasional sepak bola Thailand.  Timnas Thailand menang tipis dengan skor 2-1 dalam laga lanjutan turnamen Piala AFF-19 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Senin (9/7/2018).

Dengan hasil ini, tuan rumah harus puas di posisi runner-up dengan poin 12 dari 5 laga (4 menang dan sekali kalah). Sedangkan Thailand meraih 13 poin dari 5 kaki laga (4 kali menang dan seri sekali).

Dua gol Timnas Thailand berhasil dicetak oleh Nattawut Chootiwat di menit ke 41 melalui tendangan keras dari luar kotak penalti. Kemudian gol kedua terjadi di menit ke 50 setelah Matee Sarakum memanfaatkan umpan silang dari Nakin Wisetchat.

Sementara itu, gol balasan Indonesia diciptakan oleh M. Rifad hasil bola rebound tendangan talenta muda Papua Todd Rivaldo. Gol tunggal Indonesia tersebut terjadi pada menit ke-84.

Beberapa peluang dimiliki oleh tim asuhan Ithsara Sritharo ini, di menit ke-16, pemain Thailand Sittichock Paso hampir saja membuka peluang gol melalui tendangan keras di luar kotak penalti, tetapi masih bisa ditepis kiper Indonesia M Aqil Savik kedudukan masih 0-0.

Menit ke 27 Thailand terus melakukan penetrasi ke jantung pertahanan Indonesia, melalui tendangan keras Nakin Wisetchat yang masih bisa di blok oleh M Aqil Savik dan  kedudukan masih 0-0

Anak asuh Indra Sjafri ini lebih banyak tertekan di tiga puluh menit babak pertama. Dominasi serangan Thailand praktis membuat permainan timnas Indonesia hanya di separuh lapangan.

Memasuki menit ke-41, penjaga gawang Indonesia, Muchamad Aqil Savik, terpaksa harus memungut bola di gawangnya.

Nattawut Chootiwat melakukan tendangan keras dari luar kotak penalti. Hal itu mengubah kedudukan menjadi 1-0. Hingga babak pertama berakhir kedudukan tidak berubah.

Usai turun minum, Timnas Indonesia belum banyak menguasai jalannya pertandingan. Hasil umpan satu dua Nurhidayat cs ini sering kandas di kaki pemain muda Thailand.

Justru Thailand lewat Matee Sarakum mempertebal gol. Menit ke-50 gawang Indonesia kembali bergetar. Pemain no punggung 9 itu memanfaatkan umpan cantik Nakkn Wisechat dari sayap kiri pertahanan Indonesia. Skor  berubah, 2-0 untuk keunggulan Thailand.

Gol balasan Garuda Nusantara tercipta di menit ke-84. Muhammad Rifad berhasil memanfaatkan bola muntah tendangan Todd Rivaldo yang membentur tiang sisi kanan kiper Thailand, Nopphon Lakhonphon. Hal ini memperpendek ketertinggalan menjadi 1-2.

Indonesia sebenarnya mendapatkan kesempatan melalui tendangan bebas yang dilakukan Saddil Ramdani, tetapi tendangan yang dilakukan masih berada di sebelah kiri gawang Nopphon Lokhonphon.

Kedudukan tidak berubah hingga wasit Clifford Postanes Daypuyat asal Philipines ini meniup peluit panjang tanda pertandingan selesai. Kedudukan 2-1 untuk kemenangan Thailand.

Pelatih Timnas Thailand U-19 Ithshara Sritharo mengatakan pemainnya tetap bermain dan bertarung dengan baik sampai dengan menit terakhir. “Kemungkinan masih bisa bertemu dengan Indonesia pada final,” ujarnya.

Sementara itu, pelatih Indonesia Indra Sjafri mengaku kurang fokus banyak paling salah, dan babak kedua bisa berhasil dlserta berharap ketemu Thailand saat final.

“Main diagonal dan bermain dengan lawan. Karena presure dari Thailand ingin memaksakan menang dan dibuat kurang nyaman dengan tim,” pungkasnya.

Susunan pemain Tim Nasional Indonesia U-19

Muchamad Aqil Savik, Kadek Raditya Maheswara, Nurhidayat Haji Haris(C), Muhammad Lutfi Kamal, Muhammad Rifad Marasabessy, Saddil Ramdani,

Syahrian Abimanyu, Hanis Saghara Putra, Tood Rivaldo Alberth Ferre, Aji Kusuma. David Kevin Wato Rumakiek

Pelatih : Indra Sjafri

Susunan Pemain Tim Nasional Thailand U-19

Nopphon Lakhonphon, Nakin Wisetchat, Kittitach Pranithi, Nattawut Cjoptiwat, Sittichok Paso (C), Matee Sarakum, Suphanat Muenta, Sampan Kesi, Kritsana Daokrajai, Thirapak Prueangna, Anusak Jaiphet

Pelatih: Ithsara Sritharo

Wasit: Clifford Postanes Daypuyat (Philipines)

Reporter Yudhi Ardian

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date