Petani di Madiun Tewas Tersengat Listrik Jebakan Tikus

Madiun, koranmemo.com – Seorang petani di Desa Garon Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun, tewas akibat tersengat listrik jebakan tikus, Kamis (20/6). Petani bernama Mutakin itu tersengat listrik jebakan tikus yang dipasang sendiri di sawahnya.

“Sengatan tidak terlalu besar, lukanya juga sedikit terlihat, mungkin karena riwayat jantung yang dideritanya itu menjadi memperbesar resiko kematian,” kata Kepala Desa Garon Kuswanto, Kamis (20/6).

Kejadian tersebut merupakan kedua kalinya di alami petani di wilayah Balerejo. Sebelumnya, salah satu warga Desa Sogo Kecamatan Balerejo.

“Sudah kita beri peringatan, anjuran untuk menghentikan memasang jebakan tikus listrik,” ujarnya.

Sementara Plt Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Madiun, Edy Bintardjo mengatakan pemasangan jebakan tikus beraliran listrik tersebut secara teknis tidak direkomendasi dan secara regulasi juga tidak dizinkan.

Tapi memang berdasarkan informasi hal tersebut dirasa lebih efektif dan efisien tidak perlu mengeluarkan waktu dan tenaga besar namun hasilnya banyak yang mati, tanpa mereka memperhatikan resiko yang akan ditimbulkan.

“Mereka hanya berfikir masalah efisiensi tanpa berfikir resiko dalam hal ini adalah nyawa manusia,” katanya.

Reporter Juremi

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date