Petakan Rawan Kekeringan, Antisipasi Gagal Panen

Blitar, koranmemo.com- Mendekati musim kemarau, Pemkab Blitar mulai memetaan wilayah yang sering dilanda kekeringan, utamanya lahan pertanian. Tujuannya untuk mengidari petani gagal panen.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Eko Priyo Utomo. Meskipun saat ini belum memasuki musim kemarau, namun Dinas Pertanian dan Pangan, bersama petani telah melakukan antisipasi untuk menghindari adanya kerugian lahan akibat kekeringan.

Diantaranya mulai melakukan pendataan daerah yang memiliki kerawanan. “Kami lakukan agar petani mulai menanam seperti kacang tanah dan juga jagung yang tidak memerlukan suplai air banyak,” kata Eko, Selasa (1/5).

Dikatakan Eko, kecamatan yang menjadi prioritas antisipasi kekeringan, antara lain Kecamatan Ponggok, Udanawu, dan Kecamatan Wonodadi. Setelah pemetaan, Dinas Pertanian akan berkomunikasi dengan Gapoktan untuk melakukan antisipasi di masing-masing kecamatan.

Tahun lalu, jelas dia, tidak ada laporan gagal panen akibat kekeringan. Karena, sebelumnya sudah diantisipasi para petani.  “Tahun ini juga kami harapkan demikian, tidak ada gagal panen,” pungkasnya.

Reporter: Arief Juli Prabowo

Editor: Gimo Hadiwibowo

Follow Untuk Berita Up to Date