Pertukaran Pelajar Thailand dengan Indonesia, Bantu Tingkatkan Mutu Pendidikan

Kediri,Koranmemo.com – Pertukaran pelajar menjadi salah satu upaya sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan tenaga pengajar dan peserta didik. Program ini diharapkan membuat tenaga pengajar dan peserta didik tidak hanya mendapat materi pelajaran yang baru, namun juga saling bertukar kebudayaan sehingga terjalin hubungan bilateral antar dua sekolah.

Seperti yang dilakukan sekolah menengah kejuruan (SMK) Al Huda Kota Kediri dengan Intrachai Commercial College, Bangkok, Thailand. Masing-masing sekolah mengirim empat peserta didik dan satu tenaga pengajar, selama dua minggu mulai tanggal 26 Agustus sampai 9 September 2018.  Peserta pertukaran pelajar ini mendapat materi pelajaran yang sedikit berbeda dengan materi yang dipelajari di sekolah masing-masing.

“Mungkin ini waktu yang singkat untuk saling mengenal sekaligus mempelajari hal baru, tapi saya harap kegiatan ini tidak hanya berhenti di sini saja,” kata Suwana Pongsrisupakon, Direktur Intrachai Commercial College, Jumat (7/9).

Suwana menambahkan, tidak ada kesulitan selama pertukaran pelajar kali ini. Para guru dan murid terlihat bahagia. Meskipun ada perbedaan budaya dan bahasa, namun tidak menjadi halangan untuk belajar. “Saya juga berharap akan ada lagi pertukaran pelajar seperti ini. Kita bisa melihat dan membagi pengalaman yang didapat dari negara lain untuk meningkatkan mutu pendidikan,” imbuhnya.

Sementara, Sidik Purnomo, Kasi Pendidikan SMA, SMK dan PKLK, Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Kabupaten dan Kota Kediri, mengatakan, peningkatan mutu pendidikan memang penting sehingga sekolah tidak hanya bisa bersaing di tingkat lokal, tapi juga ke tingkat Internasional.

“Semoga dengan pertukaran pelajar ini, selain dapat meningkatkan mutu pendidikan juga dapat berdampak pada hubungan bilateral antara Indonesia dengan Thailand. Kita juga berharap, siswa siswi SMK benar-benar siap untuk bekerja setelah lulus sekolah nanti,” tukasnya.

Reporter :Okpriabdhu Mahtinu
Editor :   Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date