Permudah Pengajuan Kredit Modal Usaha

Di Bawah Rp 10 Juta Tak Perlu SIUP

Kediri, koranmemo.com – Para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Kediri tidak pernah luput dari perhatian Pemerintah Kota Kediri.  Kali ini, pemkot melalui Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kota Kediri telah mempermudah pengajuan kredit modal usaha.  Caranya dengan menghapus beberapa syarat pengajuan kredit bagi peminjam modal di bawah Rp 10 juta. Salah satunya adalah penghapusan SIUP (Surat Izin Usaha Perusahaan).

Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, melalui Kepala Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kota Kediri Kristanto mengatakan selain tidak perlu menggunakan SIUP, jaminan BPKB sepeda motor pun juga tidak dibatasi tahun.   Hal ini bertujuan agar para pelaku UKM ini tidak kesulitan dalam mengembangkan usahanya.  Menurut Kristianto, jika meminjam modal sulit, biasanya mereka jadi malas dan ujung-ujungnya meminjam ke rentenir.  “Itu kan berbahaya,” ujar Kristanto.

Namun yang harus ditekankan adalah, kemudahan tersebut hanya berlaku untuk peminjaman di bawah Rp 10 juta.  Hal yang diperlukan hanya surat keterangan usaha dari kelurahan, maka mereka sudah bisa mengajukan kredit modal usaha.  “Untuk pengajuan modal usaha di atas itu, persyaratan tetap menggunakan SIUP.  Lagipula sekarang pun untuk mengajukan SIUP juga sangat mudah dan gratis,” tuturnya.

Untuk diketahui, proses pengajuan kredit modal usaha bagi pengusaha mikro kecil ini tetap melalui dinas terkait.  Selanjutnya, pihak dinas akan melakukan proses administrasi dan survei kepada pemohon.  Setelah itu, baru diteruskan ke Perusahaan Daerah Bank Permodalan Rakyat (BPR) Kota Kediri. “Untuk proses tetap melalui kita, selanjutnya kita teruskan ke BPR, dan untuk bunga tetap 4 persen per tahun,” pungkasnya. (adv)

 

Reporter : Della Cahaya P.S

Editor : Vrian Triwidodo

 

Follow Untuk Berita Up to Date