Permohonan Paspor Banyak Ditangguhkan

Blitar,koranmemo.com – Penangguhan permohonan paspor di Blitar makin meningkat selama empat bulan terakhir. Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Blitar, Muhammad Akram mengatakan, pada bulan Maret 2018 sebanyak 23 permohonan paspor ditangguhkan, dan pada akhir bulan April naik menjadi 53 pemohon ditunda karena masih dalam proses penerbitan paspor.Penundaan tersebut karena para pemohon tak dapat menunjukkan persyaratan khusus.

“Kalau tujuannya bekerja ya dari Disnaker (Dinas Tenaga Kerja), kalau umroh atau haji ya dari Biro Jasa perjalanan atau Kemenag (Kementrian Agama),” kata Akram,Selasa (15/5).

Kenaikan jumlah penangguhan tersebut seimbang dengan banyaknya masyarakat yang mengajukan permohonan penerbitan paspor.

Menurutnya, menyambut bulan suci Ramadan banyak diantara masyarakat beramai-ramai mengurus paspor untuk keperluan seperti umroh dan kerja ke luar negeri.

Diperkirakan, puncak kenaikan penerbitan paspor untuk masyarakat Kabupaten dan Kota  Blitar serta Kabupaten Tulungagung akan terjadi setelah lebaran.

“Betul seperti itu. Jadi jelang puasa masyarakat memilih untuk cepet ngurus sebelum nanti puasa. Atau kalau tidak, para pemohon akan memilih setelah hari raya Idul Fitri,” jelasnya. 

Pihaknya menambahkan, bila masyarakat yang datang mengurus paspor tanpa dilengkapi surat rekomendasi, praktis akan di tunda atau ditangguhkan.

“Sampai bisa menunjukkan surat rekomendasi baru nanti kita layani,” imbuhnya.(arief juli prabowo) 

Reporter : Arief Juli P

Editor : Della Cahaya P

Follow Untuk Berita Up to Date