Perkuat Destinasi Wisata Dengan Cagar Budaya

Share this :

Malang, koranmemo.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menyatakan akan semakin memperkuat destinasi wisata dengan Cagar Budaya (CB). Hal ini dilakukan karena Kota Malang dikenal akan kebudayaan dan kesejarahannya.

Wakil Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, dari tiga daerah, Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu, situs cagar budaya yang paling banyak yakni di Kota Malang. Dan dari cagar budaya tersebut, akan diusahakan untuk dikuatkan sebagai destinasi wisata.

Pemerintah Kota (Pemkot) Malang telah mengesahkan Perda Cagar Budaya di Gedung DPRD Kota Malang pada Rabu (3/1). Dengan adanya aturan itu, Pemkot menyatakan akan semakin memaksimalkan inventarisasi peninggalan sejarah di Malang. “Salah satunya dengan membuat surat rekomendasi penetapan CB pada 213 peninggalan yang telah teregistrasi di data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang,” ungkapnya, Kamis (4/1).

Beberapa contoh cagar budaya yang sudah teregristrasi yakni, Hotel Pelangi yang merupakan salah satu peninggalan sejarah yang sering dikunjungi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Hotel yang berada di sekitar Alun-alun Kota Malang ini memiliki 22 lukisan keramik peninggalan Belanda yang berusia lebih dari 100 tahun masih terlihat baik di Hotel Pelangi Kota Malang. Hotel ini dianggap satu-satunya tempat yang memiliki peninggalan lukisan keramik yang menggambarkan situasi Belanda di masanya. “Selain itu, kawasan Ijen, Gereja Kayutangan dan masih banyak lagi,” pungkasnya.

Reporter: Yudha Kriswanto

Editor: Achmad Saichu

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz