Peristiwa Langit di Bulan Desember, Apa Saja?

Koranmemo.com – Mengamati langit di malam hari bisa menjadi satu aktivitas yang menyenangkan, apalagi kalau kita memiliki teleskop.  Namun bagi yang tidak punya, tidak perlu khawatir.  Bulan Desember ini akan ada beberapa peristiwa langit dan benda langit yang bisa kita nikmati dengan mata telanjang.  Apa saja?

Komet

Salah satu komet yang bisa terlihat adalah komet 46P/Wirtanen.  Komet ini melesat di bagian dalam tata surya setiap enam tahun sekali dan terlihat paling dekat dengan Matahari di tanggal 12 Desember.  Menurut perkiraan pengamat, komet ini sangat terang dan bisa terlihat tanpa alat bantu teropong.  Komet ini akan terlihat di dekat konstelasi Eridanus dan Taurus, di malam hari.

Planet

Venus yang terang akan naik ke langit di pagi hari, bersama dengan bintang Spica.  Planet dan bintang ini akan ditemani bulan, dan terlihat di minggu pertama bulan Desember. Planet Saturnus juga akan tampak berdekatan dengan bulan sabit sesaat setelah matahari terbenam, di tanggal 8 Desember. Di tanggal 14 Desember, Mars juga akan terlihat berdekatan dengan bulan.

Hujan Meteor

Bulan Desember ini, hujan meteor Geminid akan terlihat. Seperti namanya, hujan meteor ini terlihat ada di dekat rasi bintang Gemini. Di belahan bumi bagian selatan, kita bisa mencari rasi bintang Orion, di langit barat laut. Gemini akan ada di bagian kanan bawah rasi bintang Orion. Tapi, sap-siap, kalau mau melihat hujan meteor ini. Soalnya baru terlihat sekitar pukul 9 – 10 malam dan puncaknya pukul 2 pagi.  Tanggal 22 Desember, juga ada puncak hujan meteor Ursid. Kalau yang ini ada di sekitar rasi bintang Ursa Minor.

Siap untuk begadang?

Editor:  Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date