Peringati Kemerdekaan RI, Warga Pademonegoro Gelar Lomba Panjat Debog 

Sidoarjo, koranmemo.com – Semarak HUT ke 73 Republik Indonesia sudah mulai tampak. Bendera Merah Putih juga mulai terlihat berkibar di depan rumah  warga maupun di perkantoran.

Acara unik yang sering disebut dengan lomba “17-an” membuat kekompakan dan keharmonisan. Ada hal yang menarik ketika koranmemo.com melintas di sungai Pademonegoro, Sukodono Kab. Sidoarjo. Tepatnya, di RT 07 RW 02, Minggu (12/8).Ratusan warga berkumpul. Mereka menyaksikan dan meramaikan lomba panjat Debog (Pohon Pisang, Red).
“Karena pohon pinang mahal dan langka, jadi kami berinisiatif memanfaatkan tumbuhan yang ada disekitar saja,” terang Utfan Kustiono wakil ketua RT 07 RW 02 Desa Pademonegoro, Sukodono.

Acara yang digagas oleh pengurus RT 07 Desa Pademonegoro ini menjadi perhatian bagi setiap orang yang melintas. Tiga tahun belakangan pihaknya mengaku sudah melaksanakan lomba tersebut.

“Setiap bulan Agustus warga sini menggelar acara lomba rakyat seperti ini,” tambahnya.

Beberapa kelompok dibuat untuk menjadi peserta lomba. Puluhan hadiah diberikan bagi peserta. “Jika berhasil memanjat pohon pisang yang digantung diatas sungai, bisa mengambil 3 macam hadiah yang disiapkan panitia,” ucap Utfan.

Usai jatuh bangun kesekian kalinya, Habib Jarot berhasil memanjat hingga ke puncak. Ia memilih botol berisi minuman bersoda. “Mungkin haus sudah berkali-kali gagal, jatuh bangun,” ujar Satriya, salah satu penonton yang asik menyaksikan.

Beberapa hadiah disiapkan hasil partisipasi dari warga. “Ada sarung, kemeja, minuman, hingga amplop berisi uang. Intinya, lomba ini untuk memupuk kekompakan antar warga dan rasa saling gotong royong,” ungkap wakil RT 07 itu.Tidak hanya Panjat Debog, berbagai lomba telah dilaksanakan dalam memperingati hari kemerdekaan RI di desa tersebut. Diantaranya balap karung, balap ban di sungai, hingga lomba ketangkasan lainnya.

Reporter Yudhi Ardian
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date