Peringati HUT RI, 7 Napi Bebas

Blitar, koranmemo.com – Sebanyak 238 orang narapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Blitar mendapatkan remisi umum 17 Agustus. Dari ratusan napi itu, tujuh orang langsung bebas setelah mendapat remisi.

Remisi hari kemerdekaan secara simbolik diberikan Wakil Wali Kota Blitar Santoso dalam upacara HUT Kemerdekaan RI di halaman kantor Pemerintah Kota Blitar, Jumat (17/8).

Kepala Lapas Kelas II B Blitar Rudi Sardjono mengatakan, remisi ini diberikan kepada warga binaan yang mentaati aturan selama dalam lapas. Remisi tidak akan diberikan bagi warga binaan yang tidak mengikuti pembinaan dengan baik dan tidak berkelakuan baik.

“Ada 238 narapidana yang mendapat remisi. Tujuh narapidana yang langsung bebas mendapat remisi umum II. Sedangkan sisanya mendapat remisi umum I atau pengurangan masa hukuman 1 hingga 5 bulan,” ucap Rudi.

Menurutnya, sebenarnya yang mendapat remisi II atau langsung bebas ada 9 orang. Namun dua di antaranya belum membayar denda  subsider sehingga masih harus menjalani pidana di Lapas II B Blitar.

“Setelah dapat remisi, seharusnya bebas. Namun keduanya belum membayar denda subsider. Sehingga mereka harus menjalani masa pidana untuk mengantikan subsider,” imbuh Rudi.

Lebih lanjut, Rudi menyampaikan, saat ini Lapas II B Blitar dihuni 496 warga binaan. Seorang napi bisa mendapatkan remisi jika memenuhi beberapa persyaratan. Di antaranya, telah menjalani masa tahanan selama enam bulan, berkelakuan baik dan tidak ada perkara lainnya.

Reporter: Arief juli prabowo

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date