Peringati HPN 2019, Wartawan Donor Darah Bareng Masyarakat

Jombang, koranmemo.com – Para wartawan tergabung dalam organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jombang, menggelar donor darah di Alun-alun kabupaten setempat, Jumat (8/2) pagi. Kegiatan bakti sosial tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) ke – 73 tahun 2019. Selain awak media, masyarakat juga ikut bergabung melakukan donor darah.

Ketua PWI Jombang Sutono Abdillah mengatakan, kegiatan donor darah ini sebagai wujud kepedulian terhadap sesama. Diharapkan, upaya ini bisa membantu PMI menambah stok darah, yang sewaktu-waktu dibutuhkan masyarakat. “Ini juga untuk mengasah kepekaan pada visi kemanusiaan kita yang setiap hari bersentuhan dengan masyarakat,” kata Sutono kepada Koranmemo.com.

Ketua pelaksana HPN 2019, M. Mufid menambahkan, donor darah tersebut merupakan kerja sama PWI Jombang dengan Unit Tranfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jombang. “Siapa saja yang ingin mendonorkan darahnya bisa langsung ke alun-alun,” ujarnya.

Selain donor darah, lanjut Mufid, PWI Jombang juga menggelar sejumlah acara lainnya, masih dalam rangka HPN ke-73. Diantaranya, diskusi tentang media di era digital. Sedangkan pada Sabtu (9/2), beberapa anggota PWI Jombang menghadiri puncak resepsi HPN tingkat nasional di Surabaya. “Sesuai rencana, resepsi puncak HPN tingkat nasional dihadiri Presiden Joko Widodo,” sambung Mufid.

Dikatakan, selain para wartawan, donor darah juga diikuti masyarakat umum serta jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Jombang. Apalagi saat ini kebutuhan darah di PMI sangat tinggi, mengingat banyaknya warga yang terkena serangan demam berdarah dengue (DBD).

“Sekali lagi kami sampaikan terimaksih kepada semua pihak yang membantu acara ini. Juga kepada para peserta yang sudah mendonorkan darahnya,” tutur Mufid.

Sementara itu, Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab beserta Wabup Sumrambah juga hadir di lokasi acara. Hadir pula Sekdakab Achmad Jazuli yang sekaligus ikut mendonorkan darahnya. Baik bupati, wabup maupun Sekda mengaku bangga dengan aksi kemanusiaan para wartawan anggota PWI dan stakeholder atau pemangku kepentingan terkait.“Kami atas nama Pemkab Jombang mengucapkan selamat memperingati HPN yang ke-73,” tutup Bupati.

Reporter Agung Pamungkas

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date