Peringatan Hari Kematian di Meksiko

Koranmemo.com – Sudah pernah mendengar tentang Dia de los Muertos?  Dia de los Muertos atau Dia de Muertos adalah hari di mana orang Meksiko merayakan Hari Kematian.  Di hari itu, orang-orang Meksiko akan berdoa dan berkumpul dengan keluarga untuk mengenang leluhur mereka yang sudah meninggal.

Para keluarga akan memajang foto leluhur, makanan kesukaan dan benda-benda favorit di sebuah ofrenda atau altar yang ada di rumahnya.  Kita bisa melihat gambaran dari perayaan ini di film Coco, yang ditayangkan di bioskop November tahun 2017 lalu, teman-teman.

Dia de Muertos ini diperingati setiap tanggal 2 November. Namun, perayaannya sudah terasa sejak akhir bulan Oktober sehingga orang-orang sering mengiranya sebagai perayaan Halloween.

Selain kostum yang menyerupai tengkorak-tengkorak, ada satu hal yang tidak boleh ketinggalan.  Pan de Muerto, atau Roti Kematian, juga banyak dijajakan pada perayaan hari kematian ini.  Roti ini rasanya manis dan biasanya berbentuk bulat, teman-teman. Bentuk bulat ini adalah simbol tubuh orang yang sudah meninggal.

Di atasnya, ada bagian roti yang dibentuk menyerupai tulang yang menyilang.

Editor:  Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date