Perhatikan Pendidikan Anak Usia Dini, Ini yang Dilakukan Pemkot

Kediri, koranmemo.com – Sebagai kota yang mewacanakan diri ingin menjadi kota pendidikan, Pemerintah Kota Kediri sangat memperhatikan kualitas semua jenjang pendidikan, mulai dari yang paling dasar, yakni Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).  Bagi Pemkot Kediri, PAUD sudah menjadi salah satu kebutuhan pendidikan yang tidak kalah pentingnya dengan pendidikan wajib 12 tahun.

Oleh karena itu, meskipun status PAUD bukan merupakan sekolah negeri, Pemkot Kediri melalui Dinas Pendidikan Kota Kediri tetap memberikan bantuan yang sama seperti murid-murid di tingkat SD hingga SMA.  Setiap tahunnya, para murid PAUD mendapatkan bantuan dana pendidikan sebesar Rp 600 ribu, yang disalurkan secara non tunai.

“Jadi bantuan yang kami berikan merata.  Bahkan untuk murid SMA yang saat ini pengelolaannya diambil alih provinsi, kami pun memberikan bantuan SPP Rp 60 ribu setiap bulannya.  Intinya, kami tidak mau ada murid yang sampai putus sekolah hanya karena masalah biaya,” kata Siswanto, Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri.

Siswanto mengatakan, saat ini sudah ada sekitar 400 PAUD yang sudah terdaftar di Kota Kediri.  Hal itu menunjukkan, dalam 1 kelurahan bisa saja ada lebih dari 2 PAUD.  “Alhamdulillah, sekarang kesadaran warga mengenai pendidikan usia dini sudah mulai tumbuh. Dan di setiap RW sudah  memiliki PAUD,” imbuhnya.

Menurut Siswanto, PAUD merupakan tingkat pendidikan yang penting bagi anak usai 3 sampai 4 tahun. Di sana merupakan tempat bermain sambil belajar dan bersosialisas untuk mempersiapkan diri sebelum berada ditingkat yang lebih tinggi.  Dengan pendidikan ini dapat membentuk kecerdasan emosional serta spiritual agar nantinya generasi penerus bangsa semakin berkualitas. (adv/pemkotkediri)

Reporter: Dhita Septiadarma

Editor: Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date