Percantik Kawasan Wisata Pantai Prigi

Trenggalek, koranmemo.comKawasan wisata Pantai Prigi, tepatnya di wilayah Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek dipercantik. Penyempurnaan pembangunan sejumlah fasilitas penunjang bakal dilakukan untuk meningkatkan daya tarik wisatawan. Setidaknya sebanyak Rp 2,6 miliar dikucurkan untuk memoles salah satu destinasi wisata andalan Bumi Menak Sopal, sebutan lain Kabupaten Trenggalek.

Kucuran anggaran miliaran rupiah untuk mempercantik bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) dan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) bakal diwujudkan pembangunan food court, penataan kios pedagang soufenir, penataan taman dan sarana prasarana (sarpras) lainnya. Penataan ini dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek.

“Jadi tahun ini anggaran yang dikucurkan untuk membangun Pantai Prigi sekitar Rp 2,6 miliar,” kata Sunyoto pelaksana tugas (plt) Kepala Disparbud melalui Bambang Supriyadi, Kepala Bidang (Kabid) Destinasi Wisata. Ia merinci anggaran untuk membangun sebesar Rp 1,9 miliar bersumber dari DAK dan Rp 700 juta bersumber dari APBD Pemkab Trenggalek.

Untuk pembangunan food court dan penataan kios, sedikitnya masing-masing membutuhkan alokasi anggaran sebesar Rp 300 juta. Kalkulasi itu belum termasuk penataan lahan dan pembangunan sarpras fasilitas penunjang lainnya dengan tafsiran anggaran mencapai Rp 1,3 miliar. Sedangkan dari APBD sebesar Rp 700 juta bakal digunakan untuk pembangunan pagar dan kantor pegawai.

Disparbud Kabupaten Trenggalek juga tengah mengusulkan kepada satuan kerja (satker) penataan bangunan dan lingkungan (PBL) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) untuk pembangunan panggung Prigi 360. “Semoga saja hal itu bisa terealisasi agar wisata di sini bisa berkembang dan masyarakat juga ikut menikmatinya,” kata Bambang.

Pembangunan itu diharapkan selaras dengan pemerataan ekonomi masyarakat, seiring penyempurnaan kawasan wisata lainnya di Kabupaten Trenggalek. Fasilitasi itu bakal berimbas dengan meningkatnya wisatawan secara merata, mengingat saat ini Pantai Karanggongso masih menjadi jujukan utama wisatawan.

Kondisi ini terlihat dari perbandingan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor wisata, pantai yang terletak tidak jauh dari Pantai Prigi menjadi U9penyumbang PAD tertinggi. “Kami ingin kedua pantai itu sama-sama ramai, termasuk objek wisata lainnya,” pungkasnya sembari menyebut sejumlah wisata lain di Kabupaten Trenggalek. (adv/Disparbud Trenggalek)

Reporter Angga Prasetya

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date