Peras Kades, Ketua LSM Ditangkap

Lamongan, koranmemo.comSepuluh bulan kabur setelah  ditetapkan sebagai tersangka dan masuk Daftar Pencarian Orang (DPO), Charif Anam(40) Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Ilham Nusantara warga Perum Tambakboyo Raya Desa Tambakrigadung, Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan ditangkap Timsus Unit II Polres Lamongan, Jumat (14/9/2018).

Tertangkapnya Charif Anam ini seteleh dua anggotanya, yakini Asikin (40) dan Sudi Harsono (43) ditangkap karena terbukti telah  memeras  Nurul Aziz, Kepala Desa (kades) Tambakmenjangan Kecamatan Sarirejo Kabupaten Lamongan sebesar Rp 25 juta pada Jumat(8/12) tahun lalu di rumah makan, Serba Sambel jalan Suwoko  Lamongan.Dari hasil pengembangan pemeriksaan, dua anggota LSM yang ditangkap ini mengaku bahwa apa yang dilakukan itu atas perintah dan skenario sang ketua Charif Anam. Pada saat dilakukan penangkan Charif Anam berhasil melolosan diri dan ditetapkan dalam daftar DPO Polres Lamongan.

“Setelah dilakukan pengembangan dan penyelidikan pelaku berhasil ditangkap di Wilayah Kecamatan Bungah Kabupaten Gersik,” ungkap Kasatreskrim Polres Lamongan AKP Wahyu Norman Hidayat, Jumat(14/9).

Petugas kini masih mengembangkan kasus ini, karena dimungkinkan masih banyak korban yang diperdaya oleh pelaku Charif Anam dkk yang pernah bermarkas di Lamongan ini di ketahui sebagai aktor intelektual dari semua aksinya.

Dalam pemeriksaan Charif Anam mengaku hanya sekali melakukan pemerasan. Namun pengakuan itu dinilai penyidik sebagai pengakuan yang disengaja untuk meringankan beban hukum yang dihadapi.”Ada banyak informasi yang masuk, kalau mereka ini diduga banyak melakukan aksi pemerasan, seperti yang dilakukan terhadap Kades Nurul Aziz,” kata Norman.

Norman berharap siapapun yang menjadi korban para tersangka ini untuk segera melapor kalau pernah diperdayai tersangka. ” Charif Anam dan dua tersangka yang ditangkap sebelumnya dijerat pasal 368 KUHP tentang pemerasan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara,”tukasnya.

Reporter Suprapto
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date