Penyebar Berita Palsu Ancaman Penculikan Anak di FB Diperiksa 

Blitar, koranmemo.com – Akun Facebook @ZarikaOktavianti dipastikan telah menyebar kabar bohong. Akun tersebut mengupload tentang kabar ancaman penculikan anak yang sudah masuk ke wilayah Blitar. Bahkan dalam postingannya itu, pengapload juga menyertakan sejumlah foto. Ada satu orang dalam foto yang dilingkarinya, yang diduga sebagai salah satu pelaku penculikan.

Akibat postingannya tersebut, pemilik akun Facebook @ZarikaOktavianti atas nama Okvianti (30), seorang ibu muda asal desa Sawentar Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar  diperiksa polisi.

“Jadi polisi menerima banyak pertanyaan dari masyarakat terkait postingan itu. Nah, kemudian petugas melakukan pemeriksaan awal terhadap Okvianti,” kata AKBP Anisullah M Ridha, Kapolres Blitar, Sabtu (03/11).

Berdasarkan hasil pemeriksaan, lanjut AKBP Anisullah, Okvianti mengakui telah menyebarkan kabar penculikan anak yang sebenarnya palsu tersebut. Alasannya karena ketakutan yang berlebihan sebab dirinya mempunyai bayi berusia sembilan bulan.

“Untuk faktor lainnya, yang bersangkutan sepanjang hari hanya tinggal sendiri. Baru malam hari, suaminya pulang bekerja kembali ke rumah. Selain itu juga jarang menyimak pemberitaan di berbagai media dan lebih sibuk dengan media sosialnya sendiri,” pungkasnya.

Sementara itu, usai menjalani pemeriksaan polisi, Oktavianti telah meminta maaf kepada masyarakat di depan awak media dan disaksikan oleh sejumlah aparat kepolisian dan TNI. Selain itu, ia juga membuat surat pernyataan yang disaksikan oleh Aparat desa setempat, polisi, serta TNI.

“Saya jarang menyimak berita penculikan palsu yang tersebar di berbagai media. Kalau foto yang disebar, saya dapat melalui salah satu akun Facebook lainnya termasuk foto wajah yang saya lingkari,” ujarnya.

Untuk diketahui, berdasarkan pertimbangan pihaknya telah menghentikan kasus ini. Mengingat pelaku yang masih memiliki bayi serta sering ditinggalkan oleh suaminya bekerja.

Reporter: Arief juli prabowo

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date