Penyandang Disabilitas Diajak Nyoblos

Jombang, koranmemo.comUntuk menekan angka golput, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang mengajak kalangan penyandang disabilitas untuk nyoblos atau menyalurkan hak pilihnya pada Pemilihan Umum (Pemilu) pada 17 April 2019 mendatang.

Memilih tempat di SLB Muhammadiyah di Desa Pulo Lor Kecamatan Jombang, Kamis (28/2), pihak penyelenggara pemilu mengundang para penyandang cacat baik tuna netra, tuna rungu, tuna grahita, tuna daksa, dengan didampingi relawan demokrasi dari segmentasi disabilitas, Kamis (28/2).

“Penyandang disabilitas adalah merupakan sasaran yang harus diberi sosialisasi. Bersama dengan relawan demokrasi, melakukan sosialisasi (Pemilu) ke saudara-saudara kita penyandang disabilitas,” kata M. Fathoni salah satu Komisioner KPU Kabupaten Jombang saat diwawancarai Kamis (28/2).

Selain itu pada pelaksanaan nanti, lanjut Fathoni, akan ada surat suara khusus bagi mereka penyandang disabilitas “Pelayanan khusus juga tidak hanya bagi penyandang disabilitas saja. Ibu hamil dan orang yang sedang sakit juga,” sambungnya.

Sementara itu salah satu penyandang disabilitas, Rizki Ramadan, mengaku masih bingung meski telah menerima sosialisasi. “Pertama karena memang belum pernah mencoblos sama sekali. Kedua tadi juga masih bingung karena bahan sosialisasi tidak ada tanda khusus (braille). Hanya warna-warna saja,” tutup calon pemilih tuna netra ini.

Reporter Agung Pamungkas

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date