Penurunan Prestasi Atlet, Kemenpora Identifikasi Bakat di Daerah

Kediri, koranmemo.com – Beberapa tahun terakhir Indonesia sedang mangalami penurunan prestasi di tingkat Asia Tenggara. Seperti telah diketahui Kontingen Indonesia turun pada posisi ke 5 di SEA Games 2017, dari yang sebelumnya di SEA Games Singapura 2015 di posisi ke 4.

“Sebenarnya olahraga Indonesia sedang mengalami penurunan. Maka dari itu kami lakukan identifikasi bakat di daerah,” ujar Mohammad Aziz Ariyanto, Kepala Bidang Pengembangan Pemanduan Bakat Olahraga, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Dia menjelaskan, Kemenpora saat ini sedang melakukan pengembangan atlet dengan progres pelatihan jangka panjang. Identifikasi ini bertujuan untuk melihat dan mencetak atlet-atlet baru untuk nantinya dapat berprestasi di daerah, provinsi, nasional, bahkan sampai internasional.

Ada 4 cabang olahraga (cabor) yang diidentifikasi, meliputi atletik, bulutangkis, dayung, dan angkat besi. Kota Kediri berkesempatan untuk mendapatkan identifikasi bakat cabang olahraga atletik.

Identifikasi bakat tersebut diikuti 250 pelajar usia 12 sampai dengan 14 tahun. “Cara identifikasinya, dengan menggunakan program komputer, yang catatan capaian siswa dan siswi ini akan diinput, selanjutnya data yang keluar dijadikan patokan di kategori mana pelajar akan dibina,” jelasnya.

Diharapkan setelah 7 sampai 10 tahun mendatang bibit atletik di Kota Kediri ini menjadi pensuplai atlet berprestasi di tingkat nasional dan internasional.

Reporter : Dhita Septiadarma

Editor      : Muji Hartono

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.