Penumpang di Bandara Juanda Membludak, Ini Penyebabnya

Sidoarjo, koranmemo.com – Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo melakukan penutupan sementara penerbangan. Hal itu menyusul adanya perbaikan (work in progress) pada Runway Bandara Juanda yang terkelupas di lokasi sekitar Touchdown Runway 10, Kamis (7/2/2019).

Saat ini konsentrasi dan percepatan perbaikan runway sedang dilakukan oleh Tim Teknik Angkasa Pura 1 (AP 1) berdasarkan SOP. Diperkirakan, proses penutupan sementara bandara Juanda selama 4 jam hingga 5 jam.

Informasi yang didapat, beberapa flight yang terdampak akan dialihkan (divert) ke bandara terdekat seperti bandara Ngurah Rai Denpasar Bali dan Bandara Adi Sucipto Yogyakarta. Dan satu flight internasional dengan nomor SQ930 RTB dialihkan sementara ke Bandara Changi Airport, Singapura.

Sementara hingga saat ini, akibat proses perbaikan tersebut, tercatat 11 flight terdampak. Rinciannya, jadwal kedatangan pesawat sebanyak 8 flight dan keberangkatan 3 flight.

General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Heru Prasetyo menyatakan, berdasarkan Notice to Airmen (NOTAM) A40539/19, PT Angkasa Pura (AP) I (Persero) menutup sementara runway Bandara Internasional Juanda Surabaya sampai dengan pukul 12:00 WIB.

Penutupan ini dikarenakan alasan perbaikan (work in progress) landas pacu dekat dengan aiming point (posisi pendaratan) pesawat sejak pukul 09:00 WIB pagi tadi.

“Kita sudah melakukan kordinasi dengan seluruh stakeholder termasuk di antaranya maskapai penerbangan, ground handling dan Direktorat Navigasi Penerbangan (DNP) tentang hal ini, “ucapnya.

Dijelaskan Heru, Tim teknik saat ini sedang melakukan perbaikan pada bagian landas pacu yang mengalami kerusakan.Penutupan penerbangan ini akan ditambah kalau memang perbaikan landasan pacu belum selesai. “Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Yohan Gita calon penumpang, mengaku akan tetap menunggu informasi lebih lanjut dari pihak maskapai”Kita lihat saja nanti, semoga lekas selesai dan bisa difungsikan secara normal kembali,” pungkasnya.

Reporter Yudhi Ardian

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date