Penuh Nuansa Tradisional, Wisata Kuliner Sor Pring Ngadiluwih Dipadati Pengunjung

Kediri, koranmemo.com Pasar sor pring dengan seting lokasi tradisional lengkap dengan penyajian kuliner tradisional seakan booming di Kabupaten Kediri. Satu lagi pasar sor pring di Kabupaten Kediri hadir dan saat ini dikembangkan sebagai salah satu wisata desa di Dusun/Desa/Kecamatan Ngadiluwih.

Luas lahan tersebut sekitar 200 ru dan terdiri dua RT, masing-masing RT 02 RW 02 dan RT 03 RW 02 menempati lokasi lahan yang rindang dan teduh. Dengan 100 lebih lapak di Wisata Kuliner Sor Pring ini. Hanya buka setiap  Minggu pada pukul 06.30 hingga 12.00. Baru tiga minggu dibuka sudah dikunjungi ribuan warga dan kalangan muda di wilayah Kecamatan Ngadiluwih dan sekitarnya.

Mohamad Masruri Ketua Panitia Wisata Kuliner Sor Pring Ngadiluwih mengatakan, awalnya pasar dibuat atas kesepakatan warga dua RT dan mengajak untuk membuat yang terbaik dan menarik dari sisi tradisi bagi warga Dusun Ngadiluwih khususnya dua RT ini. Khusus untuk pecinta sepeda onthel antik masuk lokasi ini gratis.

Gaya penyajian penjualnya juga membawa suasana tempo dulu dan kuliner yang dijual juga tak beda jauh dari yang disajikan di pasar Papringan yang sudah ada. Seperti nasi tiwul,gatot,pecel punten,tepo, es dong jadul,beragam jenis es dawet cendol, jamu dan puluhan jenis makanan tradisional lainnya.

“Dari berkali-kali pertemuan dengan warga inilah akhirnya kami lakukan kerja bhakti untuk bersih-bersih lokasi. Kami melihat  masyarakat tertarik dan setiap kali buka selalu dibanjiri pengunjung dari Ngadiluwih ataupun dari luar Ngadiluwih. Ini bagian dari potensi wisata di Ngadiluwih yang tetap dipertahankan pola pengelolaanya secara tradisi,” ujarnya

Sementara Iskatif salah satu panitia dan Waka Kurikulum SLB di Ngadiluwih merasa bangga dengan adanya wisata kuliner sor pring di dusunya. Melalui wisata kuliner inilah,ia bersama wali murid menyajikan aneka sayuran dan jajanan kuliner sebagai sebuah kreasi dari kalangan ibu-ibu warga Dusun Ngadiluwih dibidang kuliner.

“Kita kordinasi dengan warga termasuk mereka yang memiliki pekarangan. Kita ajak diskusi agar tujuan adanya wisata kuliner di kampung sendiri bisa sukses. Ternyatan setelah dua tiga minggu dengan adanya kreasi warga ini wisata kuliner sor pring banyak dikunjungi warga,” jelasnya.(adv pemkab kediri)

Repoter Bakti Wijayanto

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date