Pentingnya Berkoperasi Bagi Masyarakat

Kediri, Koran Memo – “Koperasi adalah soko guru perekonomian Indonesia,” kata Masykuri ketika memulai pembinaan tentang koperasi di hadapan sekitar 200 wanita anggota kopwan (koperasi wanita) di Dusun Trajan Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih pada Jumat (11/9) pagi kemarin. Para pengurus kopwan Kecamatan Ngadiluwih sengaja mengundang Masykuri untuk memberikan pembinaan tentang pentingnya berkoperasi bagi masyarakat di Indonesia, khususnya dari golongan menengah ke bawah.

menerima bingkisan dari Koperasi UMKM Makmur Jaya
menerima bingkisan dari Koperasi UMKM Makmur Jaya

Kopwan Kecamatan Ngadiluwih ini memang masih tergolong muda, baru didirikan bulan Mei tahun 2015. Wajar saja jika masih banyak desa di Kecamatan Ngadiluwih yang belum mendaftarkan desanya untuk menjadi bagian dari kopwan. “Dari 16 Desa di Kecamatan Ngadiluwih, baru sebagian yang telah terdaftar,” ujar Suprapti, Ketua Kopwan Kecamatan Ngadiluwih sekaligus tuan rumah pada acara pagi kemarin.

Untuk itu, dalam kesempatan tersebut Masykuri menyampaikan bahwa dengan menjadi anggota koperasi, masyarakat dari golongan menengah ke bawah bisa hidup dengan makmur. “Koperasi didirikan dengan azas kekeluargaan. Apa yang menjadi kesusahan satu anggota, akan dibantu oleh anggota-anggota lainnya. Sebagai manusia kita tidak mungkin hidup sendiri kan? Pasti kita membutuhkan bantuan orang lain,” tuturnya.

Masykuri juga mengingatkan hendaknya setiap anggota koperasi menanamkan dalam diri mereka masing-masing untuk selalu merasa memiliki koperasi tempatnya bernaung, meskipun mereka bukanlah pengurus inti koperasi. “Koperasi adalah tanggung jawab bersama. Diibaratkan tubuh manusia, jika satu bagian sakit, maka pasti aktivitas manusia itu akan terhambat. Demikian pula dengan koperasi,” terang Masykuri.

Selain memberi wejangan tentang pentingnya berkoperasi, Masykuri juga mengingatkan kepada ibu-ibu yang hadir untuk menanamkan jiwa kewirausahaan dalam diri anak-anak mereka. Tujuannya adalah agar kelak generasi penerus bangsa Indonesia akan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lainnya, terlebih jika Indonesia sudah benar-benar menjadi bagian dari MEA (Masyarakat Ekonomi Asia).

Setelah mengunjungi kopwan, rombongan Masykuri berlanjut ke Dusun Munengan Desa Mangunrejo Kecamatan Ngadiluwih untuk bertatap muka dengan anggota koperasi UMKM Makmur Jaya. Sama seperti di kopwan, Masykuri kembali menerangkan pentingnya koperasi kepada para anggota. Sebelum siang, acara tersebut diakhiri dengan do’a yang dipimpin langsung oleh Masykuri. (c6)

Follow Untuk Berita Up to Date