Penilaian SAKIP, Bupati Lamongan Terima Penghargaan dari Kemenpan RB

Lamongan, koranmemo.com – Standart Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Pemerintah Kabupaten Lamongan berhasil menorehkan predikat nilai A, dari yang sebelumnya hanya dengan nilai BB. Capaian itu dibuktikan dengan pemberian penghargaan langsung oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) kepada Bupati Fadeli pada saat di Banjarmasin, Rabu (6/2).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafrudin mengatakan bahwa kenaikan dari predikat nilai BB ke predikat nilai A berdasarkan hasil evaluasi di tahun 2018.

Dia menilai, Pemerintah Kabupaten – Kota yang memiliki SAKIP dengan predikat nilai A ini dapat menunjukkan bahwa mereka mampu mempertanggungjawabkan hasil atas penggunaan anggaran.

Sementara, Bupati Fadeli mengungkapkan bahwa dengan Standar Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan nilai A itu dijadikannya dasar mengawali kinerjanya di awal tahun 2019.

“SAKIP ini bukan sekedar penghargaan, namun sebagai perwujudan akuntabilitas kinerja Kami kepada masyarakat di Lamongan,” ujar Fadeli saat usai penerimaan SAKIP Award 2018 wilayah II di Golden Tulip Galaxy Hotel, Banjarmasin.

Ditambahkannya, dengan begitu Pemkab Lamongan mampu menetapkan ukuran dan target kinerja yang jelas dan bertanggung jawab, serta menghemat anggaran melalui kegiatan yang berdampak langsung bagi pencapaian sasaran pembangunan.

Jadi, tambah Fadeli, dengan penerapan SAKIP, bisa dipastikan bahwa setiap anggaran yang digunakan benar benar untuk kegiatan prioritas yang dibituhkan masyarakat. “Kami mengawal langsung progress di masing masing OPD,” tuturnya.

Tercatat dalam tiga tahun capaian SAKIP di Lamongan dengan predikat nilai A. Itu dari hasil evaluasi Kemenpan RB ada 9 Kabupaten/Kota yang mendapatkan predikat yang serupa.

Reporter Fariz Fahyu

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date