Pengumuman PPDB SMP, Semua Sekolah Penuhi Pagu

Blitar, koranmemo.comPengumuman PPDB di tingkat SMP di Kota Blitar yang dibuka sejak dua hari lalu dengan menggunakan sistem online telah ditutup dan diumumkan. Dalam pengumuman tersebut hampir semua sekolah mencukupi pagunya.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar, M Sidik, pendaftaran PPDB SMP jalur zonasi dibuka dua hari mulai 25-26 Juni 2018.Pendaftaran PPDB SMP menggunakan sistem online.

“Dengan sistem zonasi, syarat yang diutamakan dalam penerimaan siswa baru yakni jarak tempat tinggal dan sekolah.Nilai ujian menjadi syarat terakhir dan hari ini tadi pengumumannya,” kata Sidik.

Dari hasil evaluasi, semua sekolah di Kota Blitar sudah memenuhi pagu.Jumlah SMP di Kota Blitar ada sembilan sekolah.

Jumlah rombongan belajar (rombel) masing-masing sekolah berbeda-beda mulai delapan sampai 10 rombel.Satu rombel diisi 20 sampai 32 siswa.

“Hampir semua sekolah sudah memenuhi pagu. Memang ada sekolah yang pendaftarnya tidak banyak, seperti di SMPN 5, SMPN 6, SMPN 8, dan SMPN 9. Tapi, kami perkirakan sudah terpenuhi,” ujarnya.

Dinas Pendidikan, kata Sidik, menjamin semua anak di Kota Blitar bisa tertampung di SMP negeri.

Kalau ada calon siswa yang gagal diterima di pilihannya, diminta segera melapor ke SD asalnya. Pihak SD akan berkoordinasi dengan dinas untuk mencarikan SMP negeri bagi siswa tersebut.

“Kalau ada siswa yang gagal dengan sekolah pilihannya tetap akan kami usahakan mendapatkan sekolah. Tapi, sekolahnya jelas tidak sesuai dengan niat awal siswa itu. Yang penting bisa masuk sekolah negeri,” katanya.

Sidik menjelaskan sistem zonasi ini sebenarnya untuk meratakan pendidikan di Kota Blitar.

Dengan sistem zonasi, tidak ada lagi stigma sekolah favorit dan sekolah pinggiran di Kota Blitar.Selain itu, sistem zonasi juga untuk memperdekat jarak tempat tinggal siswa dengan sekolah.

Ada tiga zonasi berdasarkan jumlah kecamatan di Kota Blitar.Tiga zonasi itu, yakni, Kecamatan Kepanjenkidul, Kecamatan Sananwetan, dan Kecamatan Sukorejo.

Zonasi Kecamatan Kepanjenkidul meliputi SMPN 1, SMPN 3, dan SMPN 7. Zonasi Kecamatan Sananwetan meliputi SMPN 4, SMPN 5, dan SMPN 6. Lalu zonasi Kecamatan Sukorejo meliputi SMPN 2, SMPN 8, dan SMPN 9.

Dalam sistem zonasi ini syarat utama siswa diterima berdasarkan jarak tempat tinggal siswa dengan sekolah.Sedangkan nilai ujian nasional menjadi syarat terakhir.

Selain pendaftaran PPDB online, Dinas Pendidikan Kota Blitar juga membuka pendaftaran melalui jalur prestasi.

Reporter: Arief juli prabowo

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date