Pengumuman Kelulusan, Ratusan Personel Disiagakan

Kediri, koranmemo.com – Ratusan personel dari berbagai satuan hingga ke polsek jajaran di wilayah hukum Polresta Kediri akan diterjunkan untuk mengantisipasi terjadinya tawuran antar pelajar dalam tradisi konvoi pasca pengumuman kelulusan SMA besok, Kamis (3/5). Sebanyak 23.991 peserta didik dari 160 lembaga baik negeri maupun swasta di Kediri akan menerima pengumuman kelulusan.

Kompol Sunardi, Kabag Ops Polresta Kediri mengatakan, pihaknya akan menerjunkan sebanyak tiga satuan setingkat kompi (SSK) saat proses pengumuman lulusan berlangsung. Jumlah itu meliputi 100 personel dari satuan sabhara, 100 personel dari satuan lalu lintas dan 100 personel dari polsek jajaran.

Nantinya, ratusan personel itu akan disiagakan di sejumlah titik yang dinilai rawan terjadi bentrokan. Disinggung tentang sanksi bila ada yang sampai melakukan konvoi, Sunardi menyebut,  sanksi itu menyesuaikan tingkat pelanggaran. “Apalagi saat ini bertepatan dengan Operasi Patuh Semeru 2018. Kalau soal penindakan berupa tilang, kita lihat saja nanti situasi dan pelanggarannya seperti apa. Yang jelas konvoi itu dilarang,” ujarnya.

Tak hanya petugas kepolisan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Kediri juga akan meningkatkan jumlah personelnya. Sebanyak tiga regu akan diterjunkan untuk mengantisipasi adanya tawuran antar pelajar hingga tindakan kriminal lainnya.

“Sebetulnya ada atau tidak kami intensif razia. Cuma sebagai antisipasi kami tambah menjadi tiga regu yang akan berpatroli secara intensif,” jelas Ali Mukhlis, Plt Kepala Satpol PP Kota Kediri.

Puluhan petugas penegak peraturan daerah (perda) ini menyisir sejumlah fasilitas publik hingga ke tempat-tempat nongkrong para siswa. Hal ini untuk mengantisipasi semisal adanya pesta minuman keras hingga seks bebas untuk merayakan kelulusan.

“Kami nanti akan razia di fasilitas publik hingga di beberapa tempat yang kerap digunakan nongkrong pelajar. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” tegas Ali.

Untuk diketahui, sebanyak 23.991 peserta didik dari 160 lembaga baik negeri dan swasta di Kediri, akan menerima pengumuman kelulusan besok. Jumlah itu terdiri dari 14.337 peserta didik baik negeri maupun swasta di Kabupaten Kediri dan 9.654 peserta didik baik negeri dan swasta di Kota Kediri.

Reporter : Angga Prasetya

Editor : Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date