Pengisian 12 Jabatan Kosong Segera Diproses

Jombang, koranmemo.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang segera memproses pengisian terhadap 12 jabatan Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) atau setingkat Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang selama ini kosong dan hanya diisi oleh Plt (pelaksana tugas), setelah memperoleh persetujuan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Hal ini seperti diutarakan Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Jombang, Setiajit, saat diwawancarai sejumlah wartawan, Kamis (12/4) lalu di Kantor Pemkab Jombang.

“Sekarang yang kosong kan 12 jabatan. Itu sudah mendapatkan persetujuan dari mendagri. Secepatnya nanti kita akan laksanakan assessment. Pengisian ini nanti sifatnya untuk pejabat definitif,” kata Setiajit.

Untuk itu, Senin (16/4) ini, ia menugaskan kepada Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Ikhsan Gunajati dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Muntholip, untuk ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta, yang salah satu kewenangannya adalah mengawasi tahapan proses pengisian jabatan.

“Setelah itu  dilakukan tes dan dirumuskan nanti. Minimal ada tiga orang, yang memenuhi syarat  atau yang layak mengisi jabatan kosong, dan kita ambil yang paling baik di antara ketiganya,” tandas Setiajit.

Dia memastikan, pengisian jabatan itu nantinya dijamin tanpa mahar. Nantinya, pejabat yang akan menduduki jabatan definitif diharapkan merupakan sosok pejabat yang mempunyai bakat, minat, dan kompetensi yang tinggi.

“Pokoknya kita cari yang profesional, yang mau kerja, punya bakat, minat, kompetensi yang tinggi sesuai jabatan yang diperlukan,” pungkas Setiajit.

Sementara, informasi yang dihimpun, 12 jabatan kosong terdiri dari Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Perikanan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kepala Dinas Sosial.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Selama ini, dinas yang belum dijabat kepala dinas definitif, diisi oleh pelaksana tugas.

Reporter : Agung Pamungkas
Editor      : Muji Hartono

Follow Untuk Berita Up to Date