Pengelola Wisata Pantai Bambang dan Dampar Diminta Proteksi Pengunjung

Lumajang, koranmemo.com –┬áMengantisipasi kejadian tenggelamnya wisatawan di pantai karena besarnya ombak, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, meminta kepada pengelola wisata pantai untuk memasang pembatas dari tali agar wisatawan tidak berenang di Pantai.

Pembatas itu bisa menggunakan tali yang dibentangkan di bibir pantai sebagai batas wisatawan agar tidak terlalu dekat dengan ombak laut. Pihak pengelola juga diminta mengawasi secara ketat pergerakan wisatawan agar tidak mencapai bibir pantai selatan, yang ombaknya dikenal cukup ganas dan sering kali menelan korban.

Pembatas ini akan dipasang di Pantai Bambang dan Dampar Pasirian, TPI Tempursari dan Pantai Wotgalih Yosowilangun, yang tahun lalu menelan dua korban jiwa meninggal dunia, karena terseret ombak.

“Selain itu kita juga menempatkan petugas di sana. Panitia pengelolanya, juga kami minta untuk menempatkan petugas dalam jumlah yang cukup, agar kejadian tahun lalu tidak terulang lagi,” kata Wawan Hadi Siswanto, Kasi Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik Kantor BPBD Lumajang.

Di Lumajang berwisata ke kawasan pantai sudah merupakan tradisi selama bertahun-tahun. Puluhan ribu warga akan memadati kawasan pantai di Lumajang sebagai tempat rekreasi yang murah dan terjangkau

Sayangnya, kawasan pantai selatan Lumajang ombaknya cukup ganas, bahkan pada saat tertentu sering terjadi gelombang tinggi dan hal ini cukup berbahaya bagi wisatawan.

“Karenanya saya menghimbau kepada masyarakat Lumajang atau dari luar Lumajang yang akan ke pantai di Lumajang untuk berhati-hati dan menjaga jarak dengan pantai. Ini demi keselamatan bersama,” kata Wawan Hadi.

Pantai selatan ( pantai bambang, pantai dampar ) Lumajang memang memiliki pemandangan yang cukup indah dan layak untuk menjadi pilihan wisata selama lebaran ini.

Pantai selatan di Lumajang membentang dari Pantai Wotgalih Yosowilangun yang berbatasan dengan Jember dan pantai di Tempursari yang berbatasan dengan Kabupaten Malang.

Reporter : Abd Halim,Sp

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date