Pengantin di Kediri Segera Miliki Kartu Nikah

Kediri, koranmemo.com – Kota Kediri menjadi satu diantara tujuh daerah di Jawa Timur yang akan memberikan pelayanan kartu nikah pada pengantin baru. Kartu nikah yang diharapkan mulai dilaksanaan bulan ini tinggal menunggu surat perintah dari Kementerian Agama (Kemenag) pasalnya semua perangkat sudah tersedia.

Kasi Bimbingan Masyarakat (Binmas) Kantor Kemenag Kota Kediri, Ahmad Zamroni mengatakan, semua perangkat mulai tiga printer hingga ribuan keping kartu sudah diterima Kemenag Kota Kediri. Namun, pihaknya belum bisa memastikan kapan kartu nikah tersebut bisa dimiliki oleh para pengantin.

“Kita bersama tujuh daerah di Jatim yaitu Kota Surabaya, Malang, Batu, Madiun, Mojokerto, dan Pasuruan ditunjuk untuk bisa memberikan layanan bagi pemohon kartu nikah. Perangkatnya sudah ada, tiga printer untuk tiga KUA dan kita dapat jatah 3.000 pasang kartu nikah tapi eksekusinya kita menunggu surat perintah dari pusat,” ujarnya, Kamis (6/12).

Zamroni menambahkan, kartu nikah tersebut nantinya akan terkoneksi dengan data kependudukan sehingga warga tidak bisa melakukan pembohongan terhadap status mereka. Lebih jauh, pasangan pengantin juga akan mendapatkan kartu nikah.

“Kartu nikah ini tidak bisa dipalsu atau ditiru karena dilengkapi barcode yang bisa mengintegrasikan dengan data kependudukan di Dispenduk Capil. Tapi yang perlu disampaikan kepada masyarakat jika kartu nikah ini bukan pengganti buku nikah, pasangan yang menikah tetap mendapatkan buku nikah sekaligus kartu nikah yang bisa dibawa kemana-mana,” jelasnya.

Reporter Zayyin Multazam

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date