Pengambil PIN PPDB Online SMA/SMK Sempat Tersendat

Kediri, koranmemo.com – Ratusan calon peserta didik baru mulai memadati SMA dan SMK di Kediri.  Beberapa jalan protokol tampak macet karena banyaknya lalu lalang siswa yang akan mendaftar.  SMA Negeri 1 dan SMK Negeri 2 Kota Kediri, sebagai tempat pengambilan PIN, sudah dipenuhi calon pendaftar. Mereka mengambil PIN sebagai syarat mengikuti pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online. Kendati demikian, ratusan calon pendaftar ini mengeluh karena proses pengambilan PIN tersebut tersendat.

Pengambil PIN hari pertama diwarnai server error sekitar 30 menit, sehingga membuat ratusan pendaftar harus menunggu lebih lama. Jarwo salah satu warga Prambon Kabupaten Nganjuk yang mengantarkan putranya mendaftar di SMK Negeri 2 mengaku, sudah menunggu sejak 1 jam yang lalu.

“Dari Jam 09.00 WIB tadi nunggunya, tapi ini belum dipanggil. Katanya masih belum bisa akses, kurang tahu kenapa,” ujarnya, kepada Koran Memo.

Sementara, Sidik Purnomo Kasi Pendidikan Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kediri membenarkan adanya gangguan server tersebut. Menurutnya, gangguan tersebut karena menu edit untuk Cabang Dinas Pendidikan dari Server Dinas Pendidikan Provinsi belum ada sehingga terpaksa dihentikan terlebih dahulu sekitar 30 menit, mulai sekitar pukul 10.30 WIB sampai 11.00 WIB.

“Ini gangguannya seluruh Jawa Timur sama, karena aplikasi server terpaksa dihentikan untuk memunculkan menu edit. Kenapa menu edit? Karena ada salah satu sekolah yang salah memasukkan data siswa dan ingin merevisi sehingga harus direvisi melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jatim karena menu editnya belum keluar,” jelasnya.

Proses pengambilan PIN masih akan terus berlangsung sampai tanggal 8 Juni 2018. Pengambilan dibuka mulai pukul 07.00 WIB sampai 14.00 WIB.  Untuk persyaratan mengambil PIN, siswa harus menyerahkan kartu ujian nasional dan kartu keluarga.

Reporter : Zayyin Multazam

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date