Penertiban PKL Sekitar Makam Sunan Ampel Diwarnai Aksi Protes

Surabaya,koranmemo.com-Penertiban puluhan pedagang kaki lima atau PKL di sekitar makam Sunan Ampel Surabaya oleh Satpol PP, Jumat (23/2) pagi diwarnai aksi protes pedagang. Mereka menolak ditertibkan oleh petugas dengan alasan belum mendapat tempat relokasi yang layak untuk berjualan. Para PKL  ini juga beramai-ramai memindahkan ponten umum portabel yang dipasang oleh Pemkot Surabaya di depan pintu masuk makam Sunan Ampel.Akibat kejadian ini jalan akses dari arah Pabean Cantikan Surabaya menuju Jalan Nyamplungan Surabaya mengalami macet total

Zainul,  kordinator PKL Jalan Nyamplungan Surabaya menegaskan, mereka  telah melakukan audiensi dengan DPRD kota Surabaya tentang masalah itu. “Namun hingga saat ini belum ada solusi terkait relokasi tempat yang layak untuk digunakan para pedagang kaki lima,” ujarnya.

Kasatpol PP kota Surabaya, Irvan Widyanto mengatakan, pihaknya tidak berniat melakukan penertiban atau obrakan. Namun mereka kaget karena saat melakukan pemantuan di lokasi pintu masuk makam Sunan Ampel sudah banyak PKL dan massa yang berkumpul seperti hendak melakukan perlawanan.

“Rencananya nanti pihak kecamatan kembali akan melakukan audiensi dengan para PKL untuk mencari titik temu terkait permasalahan PKL yang dianggap melanggar perda tersebut,” kata mantan Lurah Ampel ini.

Reporter : Agus Ridwan / Alamudi

Editor : Vrian Triwidodo

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.