Penegasan Pancasila sebagai Dasar Negara dan  Idiologi Bangsa

Share this :
Disampaikan Edhie Baskoro Yudhoyono
Trenggalek, Koranmemo.com-Edhie Baskoro Yudhoyono anggota  DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat mensosialisasikan 4 pilar. Sosialisasi tersebut tentang penegasan  Pancasila sebagai dasar Negara dan ideologi bangsa,  UUD 1945 sebagai konstitusi Negara serta ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).
Negara Kesatuan RI sebagai bentuk Negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan Negara. Kegiatan dilaksanakan di gedung Balai Kelurahan Sumbergedong Kecamatan/Kabupaten Trenggalek dan dihadiri ratusan pengunjung dari Komunitas UMKM, Penggiat wisata, komunitas muda-mudi Demokrat, pecinta seni mahasiswa dan Himpaud, Senin (15/5).
Anggota DPR RI Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono menyampaikan, Negara Indonesia terdiri dari banyak suku, budaya, bahasa dan Agama. Tujuan utama digelarnya sosialisasi 4 pilar adalah untuk memperluas kesadaran masyarakat terhadap pentingnya bagaiman cara memahami, menghayati dan menerapkannya.
“ Pemahaman ini sangat penting terhadap masyarakat, karena Pancasila Dasar Negara, UUD 45 sebagai konstitusinya dan NKRI harga mati yang harus diperjuangkan serta Bhineka Tunggal Ika semboyan Negara kita,’’ungkap Edhie.
Dikatakan, Indonesia merupakan negara Pancasila yang harus dipertahankan sampai darah penghabisan. Siapapun yang akan merubah atau menggatikan Pancasila sebagai dasar Negara wajib untuk ditumpas. Maka dari itu, satukan tekat untuk menjaga keutuhan NKRI.
“Jiwa Nasionalisme sangat penting, karena bangsa Indonesia terdiri dari bermacam suku dan budaya. Jadi idiologi harus bersatu dan tidak boleh dipisahkan, banyak masalah bermunculan yang datang dari idiologi yang hanya memecah belah Negara kita,’’jelasnya.
Sebagai negara persatuan dan kesatuan, lanjutnya, semua kebijakan program pusat  sampai aksi tindakan nyata dari pemerintah yang harus benar-benar pro rakyat. Dalam pengawalan tersebut dibutuhkan transparan demi kemajuan dan kemakmuran bangsa Indonesia.
“ Kita harus cermati dan jeli dalam mengambil sikap, memang ada tindakan profokasi yang ingin memecah belah bangsa, akan tetapi itu semua akan teratasi apabila pemahamannya terhadap empat pilar diterapkan dan dihayati, dipahami serta mensukseskan program-program pemerintah dalam menciptakan negara yang adil dan beradap,’’terang Edhie Baskoro. (Adv)
Penulis : Suparni 
Editor : Hamzah Abdillah 
Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *