Pendaftaran Dibuka Selama Bulan Desember

Pelatihan Kerja Kota Kediri 2019

Kediri, koranmemo.com – Pengurangan penggangguran terbuka di Kota Kediri tidak hanya dengan mengadakan Job Fair atau bursa lapangan kerja. Banyak pelatihan yang diadakan untuk memberikan keterampilan baik untuk menjadi karyawan maupaun wirasusaha. Kali ini Pemerintah Kota Kediri membuka pendaftaran pelatihan kerja melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Tenaga Kerja (Dinkop UMTK).

Pendaftaran sudah dibuka pada Senin (3/12) kemarin di Kantor Dinkop UMTK Jalan Brigjend Pol Imam Bahri No. 100 Kota Kediri. Pendaftaran dibuka dari pukul 08.30 hingga 12.00, dengan membawa beberapa presyaratan.

Adapun persyaratan pendaftara terbelbih dahuluy harus mengisi form pendaftaran yang disedikan di kantor Dinkop UMTK. Selanjutnya peserta harus membawa foto 4×6, fotocopy ijazah terakhir, fotocopy KTP, masing-masing 1 lembar. Peserta harus warga Kota Kediri dan berusia dibawah 40 tahun.

Apip Permana Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kota Kediri mengatakan, pendaftaran akan dibuka selama Desember. Dari proses pendaftaran hingga lolos mengikuti pelatihan peserta tidak akan dibebani biaya. Pemkot Kediri mengratiskan, dan peserta yang terpulih cukup mengikuti proses pelatihan dari awal hingga akhir.

Menurutnya, upaya-upaya seperti ini dinilai sangat bermanfaat untuk menurunkan penganggruran terbuka di Kota Kediri. “Pengangguran terbuka di Kota Kediri turun dari 8,46 di tahun 2016 persen menjadi 4,68 persen di tahun 2017. Angka ini cukup baik, karena hampir 50 persen turun,” ujarnya.

Selain pada Dinkop UMTK, Pemkot Kediri juga mengadakan pelatihan-pelatihan di Organisasi Perangkat Daerah yang (OPD) lainnya. Warga juga bisa mengusulkan pelatihan melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan dari tingkat kelurahan.

Besar kemungkinan usulan mengenai pelatihan akan disetujui mulai dari tingkat kelurahan hingga tingkat kota. Sebab Pemkot Kediri sedang berupaya untuk terus menekan angka pengangguran terbuka untuk menciptakan kestabilan ekonomi.

Untuk diketahui pada hari pertama pendaftaran Pelatihan Kerja 2019 sudah ada 290 peserta yang mendaftarkan diri. Adapun jenis pelatihan meliputi, otomotif, garmen, kuliner, kecantikan, informatikan, desain grafis, kerajinan tangan, bordir, dan mengemudi.(adv/pemkotkediri)

Reporter : Dhita Septiadarma

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date