Pencuri Kotak Amal Tercebur Sungai Saat Akan Kabur

Jombang, koreanmemo.com – Yuliardi Prihartono (37) warga RT 20/ RW 03 Dusun/Desa Ngabar Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto ini harus mendekam di tahanan Polsek Plandaan. Dia nekat mencuri kotak amal Musala Al-amin yang ada di Dusun Klampisan Desa Karangmojo Kecamatan Plandaan, Minggu (24/9) sekitar pukul 01.30 WIB.

Namun karena gugup aksinya dipergoki salah satu warga yang tinggal tak jauh dari musala, pelaku yang berusaha kabur akhirnya tercebur sungai yang berada di dekat musala hingga akhirnya berhasil ditangkap warga.

Kapolsek Plandaan AKP Gatot Sudiyoto menjelaskan, aksi pelaku dipergoki oleh Nanang Suminto (45) salah satu warga yang tinggal tak jauh dari musala. Saat itu Nanang mendengar suara motor berhenti di musala. Selang beberapa menit kemudian, saksi mendengar suara benda jatuh dari dalam musala.

“Nah mendengar suara ‘gludak’ itu saksi mendekat ke musala dan mendapati pelaku mencongkel kotak amal dan melepas baut pengikat yang menempel di jendela,” kata Gatot kepada Koranmemo.com, Senin (25/9).

Melihat itu, lanjut Gatot, saksi spontan berteriak maling. Seketika itu pelaku berusaha kabur. Saksi juga sempat memegang setir sepeda motor Honda Vario nopol S 5749 PQ yang dinaiki pelaku dengan maksud menahan agar tidak kabur. Hanya saja pelaku tidak menyerah dan tetap tancap gas sehingga tercebur sungai dekat musala.”Pelaku akhirnya dapat ditangkap dan diserahkan ke kami,” ujar Gatot.

┬áSelain itu menurut Gatot pihaknya juga sudah mengamankan barang bukti satu kotak amal terbuat dari kayu jati dengan isi uang Rp 748.400 serta sepeda motor pelaku. “Akibat perbuatannya pelaku dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan,” pungkas Gatot.

Reporter: Agung Pamungkas

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.