Pemkot Kekurangan Ratusan Pejabat Fungsional

Malang, koranmemo.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang kekurangan ratusan pejabat fungsional.  Oleh karena itu, pemkot akan segera mencarikan solusi, salah satunya dengan mengusulkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi saat dilakukan penjaringan CPNS selanjutnya.

Wahid Wahyudi, Pjs Wali Kota Malang mengatakan, pihaknya akan mengusulkan untuk melakukan diklat dasar jabatan fungsional serta memfasilitasi proses administrasi kepegawaian setiap jabatan fungsional. Dengan upaya demikian, dia berharap kebutuhan jabatan fungsional di lingkungan Pemkot Malang nantinya dapat terpenuhi sesuai dengan kebutuhan yang ada.

“Sehingga mereka mampu melaksanakan tugas dan fungsinya berdasarkan keahlian dan keterampilan tertentu sesuai jabatannya untuk penyempurnaan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ungkapnya.

Sementara, sebanyak 477 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dilantik pada Selasa (15/5) lalu untuk mengisi jabatan fungsional meliputi 369 guru, 54 tenaga kesehatan, serta 54 tenaga non guru dan kesehatan. Pelantikan tersebut baru pertama kali dilaksanakan sesuai dengan amanat Undang – Undang No 5 Tahun 2014 pasal 14.

Wahid menambahkan, aspek pengembangan sumber daya manusia (SDM) menjadi bagian penting. Hal tersebut sangat diperlukan sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas, potensi, sikap dan sifat-sifat kepribadian yang baik, sehingga dapat menghadapi tuntutan tugas sekarang, maupun masa depan. “Sumber daya manusia sebagai pelaksana, terus ditingkatkan kualitasnya oleh Pemkot Malang,” pungkasnya.

Seperti diketahui, saat ini ASN dengan jabatan fungsional di lingkungan Pemkot Malang berjumlah 3.702 atau 49,8 persen dari jumlah seluruh ASN di Kota Malang.

Reporter : Yudha Kriswanto

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date