Pemkot Kediri Larang ASN Gunakan Mobil Dinas Untuk Keperluan Pribadi

Kediri, koranmemo.com – Setiap daerah memiliki peraturan masing-masing mengenai peruntukan kendaraan dinas yang biasanya berikan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berada di lingkup pemerintahannya. Untuk menyikapi tersebut, Senin (5/6) lalu Pemerintah Kota Kediri mengeluarkan surat edaran larangan penggunaan kendaraan dinas untuk keperluan pribadi selama libur lebaran.

Apip Permana, Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkot Kediri menjelaskan, surat edaran tersebut dikeluarkan oleh Sekretaris Daerah Pemkot Kediri, yang berisi imbauan kepada ASN agar tidak menggunakan kendaraan dinas untuk keperluan pribadi. Sesuai dengan namanya, kendaraan dinas memang diperuntukkan untuk keperluan dinas saja.

“Bapak sekda mengeluarkan surat tertanggal 5 Juni 2018 perihal larangan tersebut. Surat itu ditujukan kepada Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kota Kediri,” tutur Apip.

Apip menegaskan, jika ada ASN yan terbukti atau ketahuan menggunakan kendaraan dinas, ASN yang bersangkutan akan dikenakan sanksi. Sanksi akan diberikan secara berjenjang dari mulai teguran sampai sanksi tertulis. “Ada kalsifikasi pelanggaran yang diberikan kepada ASN yang terbukti melanggar, dari mulai ringan, sedang, dan berat,” ujarnya.

Larangan penggunaan mobil dinas untuk keperluan pribadi sebenarnya sudah ada pada Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi. Yang isinya juga mengatur mengenai cuti bersama Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun 2018 ini.(adv/pemkotkediri)

Reporter : Dhita Septiadarma

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date