Pemkot Kediri Gelontor Dana Rp 9 M untuk UMKM

Kediri, Koranmemo.com – Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Usaha Mikro Kecil Menengah dan Tenaga Kerja menggelontorkan dana untuk pengusaha usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan di Kota Kediri, sebesar Rp 9 miliar.

Kabag Humas Pemerintah Kota Kediri Apip Permana mengatakan, untuk mendorong peningkatan jumlah pengusaha di Kota Kediri, Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja setempat gencar melakukan sosialisasi Program Dana Bergulir UMKM tahun 2018.

“Melalui program ini, Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas UMKM dan Tenaga Kerja menyiapkan anggaran dana Rp 9 miliar, dan anggaran tersebut kami titipkan di BPR Kota Kediri,” kata kabag Humas dan Protokol Pemkot Kediri, Apip Permana, ketika ditemui di ruangannya, Rabu (28/02/2018) siang.

Lanjut Apip pemerintah saat ini sudah memberikan kemudahan untuk UMKM yang mengajukan dana bergulir tersebut. Jika sebelumnya untuk mengajukan pinjaman dikenai suku bunga 6 % per tahun, tahun ini diturunkan menjadi 4 % per tahun.

“Sedangkan untuk bunganya hanya 4 % per tahun masa angsuran 3 tahun untuk 3 angsuran pertama bebas angsuran.Untuk anggunnya bisa sertifikat tanah, BPKB motor atau mobil baik Kota maupun Kabupaten,” papar Apip.

Lebih lanjut Apip menuturkan , dengan program Pemkot Kediri yang lebih memberikan keringanan pelaku UMKM di Kota Kediri, dana bergulir itu bisa lebih berkembang untuk menggiatkan kegiatan perekonomian kota Kediri. Selain itu juga sebagai upaya memperluas lapangan pekerjaan baru di Kota Kediri, Secara umum, program ini memang diadakan untuk memberikan kemudahan dan bantuan permodalan bagi UMKM.

Reporter: Canda Adisurya

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date