Pemkot Kediri berencana membangun Ring Road Dalam Kota

Kediri, Koranmemo.com – Pemkot Kediri menyambut baik kota Kediri nantinya akan dibangun exit tol dan bandara, pemkot Kediri sudah mempersiapkan langkah langkah untuk keberadaan tersebut.

Dampak dari Bandara dan exit tol adalah kemacetan, Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar berencana akan membangun ring road dalam kota, untuk mengatisipasi kendaraan yang datang dari Kaupaten Tulungagung, Blitar, Ngajuk dan Surabaya.

“Kita sudah berencana untuk bangun ring road dalam kota tetapi kita haru koordinasi lintas daerah dan lembaga. Yang telah kita wujudkan adalah pembangunan jembatan Brawijaya dan ATCS di Dinas Perhubungan Kota Kediri. Kita juga lakukan revisi RT RW untuk membuat jalan baru agar kemacetan di daerah Mrican serta relokasi Pasar Mrican,” kata wali kota Kediri saat Kediri Infrastructure Diacussion, Kamis (10/01/2019).

Sementara itu Ahli Transportasi Universitas Brawijaya (UB), Achmad Wicaksono mengharapkan agar Pemkot Kediri segera berkoordinasi dengan Pemprov Jatim terkait Master Plan Transportasi untuk Kediri raya, Tulungagung, Blitar, Trenggalek dan Nganjuk. Seperti yang pernah dilakukan Pemkot Malang saat mengatasi kemacetan dan tansportasi umumnya.

“Yang penting saat ini Pemkot Kediri segera meminta bantuan dan berkomunikasi dengan Provinsi Jawa Timur terkait Master Plan Transportasi untu wilayah Kediri raya. Karena ini menyangkut antar wilayah,” jelas Achmad.

Lanjut Achmad, informasi pembangunan bandara akan mulai bulan Maret 2019 hingga 2021. Sementara pembangunan exit tol masih menunggu pembebasan lahan 2019 dan akan dibangun tahun 2021 mendatang. Karena masih lama, Pemkot Kediri bisa mempersiapkan infrastrukturnya.

“Informasi yang saya dapat ini tadi, untuk bandara akan groundbreaking pada bulan Maret tahun 2019 selesai tahun 2021. Sedangkan exit tol masih pembebasan lahan 2019 dan pembngunan tahun 2021,” pungkas Achmad.
Editor Bambang Iswahyoedhi

Follow Untuk Berita Up to Date